Rabu, 13 Oktober 2021

Tom Yum Daging

Anak saya kemarin dapat tugas dari sekolahnya untuk membuat olahan dari daging. Sekalian aja saya jadikan bahan tulisan di sini ya. 

Olahan daging saat itu jatuh ke masakan Thailand yaitu Tom Yum daging. Saya cari-cari resepnya di Youtube cukup banyak, dengan bermacam bahan juga. Karena saya suka nonton Dj Katty Butterfly maka saya lihat aja cara orang Thailand asli yang bikin tom yum. Ternyata aslinya bumbu itu tidak ditumis dulu, enggak juga nampak terlampau merah kuahnya, bahkan nampak segar enggak berat bumbunya.

Untuk bahan, bumbu dan cara membuat tom yum bisa berbeda-beda ya, nah saya pakai yang simpel aja pakai bumbu tom yum siap pakai dan bahan seadanya he he.



Bahan :

Daging sapi iris tipis
Bakso
Kerang hijau
Jagung muda
Sawi hijau
Sawi putih
Kembang kol
Daun bawang

Bumbu:

Bumbu tom yum siap pakai
Cabai merah besar
Garam
Gula jawa
Daun jeruk
Sereh
Penyedap rasa

Cara membuat:

Cuci bersih semua bahan kecuali daging. Lalu ambil cabai merah besar, blender atau haluskan kemudian tumis sebentar dengan minyak. Karena saya tidak suka bau cabai merah mentah jadi saya menumisnya sebentar. Masak air dalam panci, masukkan cabai merah tadi, daun jeruk, sereh, potongan jagung muda, bakso dan irisan daging tadi, biarkan sampai mendidih.

Setelah mendidih masukkan bumbu tom yum siap pakai, kerang hijau, garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. Setelah itu masukkan sawi hijau, sawi putih, daun bawang dan kembang kol yang telah dipotong-potong. Aduk sebentar sampai matang, cicipi rasanya jika sudah cukup maka angkat dan langsung sajikan.



Jika suka tom yum ini bisa ditambah bahan lain misalnya jamur enoki, udang, cumi, irisan jeruk nipis, dan lengkuas. Tetapi karena saya pantang makan asam, sedang dari bumbu tom yum sudah cukup asam maka saya tidak tambahkan jeruk nipis. Jamurnya pas enggak beli, karena tugasnya olahan daging jadi enggak tambah bahan seafoodnya, terus lengkuas sebenarnya ada pohonnya di rumah tetapi karena males jadi enggak usah pakai, saya juga tidak begitu suka bau lengkuas. Oke gitu aja ceritanya, sila coba jika suka tom yum, tetap jaga kesehatan semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun