Rabu, 13 Oktober 2021

Pizza Ayam

Sudah lama banget saya enggak bikin pizza. Padahal anak saya sudah beberapa kali minta untuk dibuatkan tetapi karena ribet buatnya jadi males aja. Selain itu pizza itu enggak awet he he. Saya juga lebih suka roti yang berasa manis bukan yang cenderung gurih seperti pizza.

Sekarang ini banyak waktu luang jadi saya sempatin bikin pizza lagi. Kali ini saya memakai resep dari blog Monic’s  Simply Kitchen. Saya membuat toping sendiri, sedangkan untuk adonan pizzanya saya ambil dari resep mbak Monic. Selama ini saya memakai telur dalam adonan pizzanya sedangkan resep ini tidak memakai telur. Hasilnya malah bikin suka, saya lebih menyukai roti pizza yang begini dari pada yang sudah-sudah. Saya menyukai roti pizzanya yang tipis dan ada krispi-krispinya sedikit. Dari bahan adonan pizza ini jadi 2 loyang pizza. Saking sukanya 2 loyang pizza ini ludes dalam sehari dan hari berikutnya saya bikin lagi juga ludes cepet banget.



Bahan pizzanya:
120 ml air hangat
2 sdm gula pasir
1 sdt ragi
160 gr tepung terigu
½ sdt garam
1 sdm minyak goreng

Bahan topingnya:
Daging ayam cincang
Paprika (panenan sendiri)
Bakso ayam (bikinan sendiri)
Keju melted
Saos sambal

Untuk toping saya masak sebentar daging ayam cincang dengan irisan paprika merah, parutan bawang putih dan sedikit garam. Sausnya seadanya di rumah aja, saus sambal botolan. Untuk kejunya saya mencoba memakai keju Meg slice melt selain isinya banyak juga gampang pakainya. Memang sih enggak seheboh keju mozarella tetapi tetap enak.

Catatan :

Untuk adonan pizza cukup didiamkan 20 menit saja, karena jika lebih lama jadinya lebih mengembang seperti pizza biasanya itu. tetapi mbak Monic pas banget ambil 20 menit ini karena untuk waktu segitu bikin pizzanya pas krispi dan enggak terlalu ngembang kayak roti, wah pokok e pas wis. Oh iya gula pasirnya memang saya pakai 2 sdm, saya suka yang lebih manis.

Karena di kali kedua saya memanggang sendiri-sendiri 2 loyang ini, jadinya saya membiarkan satu adonan pizza menunggu sekitar 30 menit lagi untuk dipanggang. Hasilnya yang kedua jadi tidak sesuai keinginan saya. Waktu memanggangnya cukup 30 menit saja, dengan api sedang (suhu 140 derajat di otang). Tusuk pakai garpu adonan sebelum dioles saos dan diberi toping.

Catatan memasak seperti inilah yang saya anggap penting dan seringkali hilang di ponsel. Karena tidak semua ingin saya tuliskan di blog seperti ini, ada bagian yang memang buat saya sendiri saja. Terima kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun