Rabu, 27 Oktober 2021

Update Berkebun


Anggur transfigurasi saya pruning total kemarin, hasilnya untung muncul tunas lagi beberapa dan alhamdulillah wa syukurillah he he muncul 1 cluster bunga. Wes satu aja aku udah bersyukur dan seneng banget. Ini pruning total pertamanya (akhirnya berani pruning total), umurnya udah setahun lebih sebulan dari saya beli benih anggur ini. Taneman anggur baru hidup dan tumbuh bagus tetapi terserang jamur juga, bingung saya semprot sepertinya tidak mempan pakai Antracol.

Terus karena mau musim hujan, saya nanam benih hidup tomat, kembang kol dan selada lagi. Dan benih paprika yang saya semai sendiri ada beberapa yang berhasil bertahan dan hidup. Beberapa tanaman ini dimakan bekicot yang banyak di kebun saya.

Jadi semula tuh ada satu dua saja bekicot besar saya biarkan, kan kasihan biar kaya kebun hidup gitu banyak binatang alami. Eh taunya kemarin paprika-paprika saya itu yang hilang saya kira dimakan bekicot ini juga. Tetapi, ternyata makin lama dia beranak pinak banyak, dan anaknya mulai besar dan memakan tanaman saya yang kecil-kecil termasuk benih butternut, selada dan taneman benih tadi itu. 

Ada yang lucu kemarin tuh, saya sore-sore itu memutuskan berburu bekicot karena jengkel. Jadi ternyata kalau siang mereka ngumpet tidur dan kalau sore mulai keluar makan. Saya burulah mereka satu-satu sampai terkumpul hampir lebih dari 10 ekor dan saya masukin plastik kresek saya tali rapat. Pas mau tak tinggal kok takutnya mati kan kasihan, akhirnya saya lubangi kecil-kecil plastiknya.  Semalaman saya memikirkan kemana mau membuangnya, ke sawah (takut makan padinya orang), ke deket sungai deket rumah sepertinya aman atau kemanalah pokoknya di jalan pas sekalian keluar aja. Sampai paginya saya masih mikir dan mulai curiga, kan bekicot ini saya lihat bisa gigit taneman yang keras gitu ya, lha gimana kalau plastiknya digigitin. Wadalah...saya buru-buru cek keluar paginya, nah kan...plastiknya kosong bekicotnya kabur semua. Pas saya cerita sama suami hanya diketawain, asem og. Ya sudahlah, besok saya tangkepin lagi. Selama ini suka saya ambil dan buang di pinggir jalan depan rumah, eh bekicotnya bisa balik lagitetapi ya saya biarkan. 

Oke itu aja sih update berkebunnya, oh iya sama taneman seledri saya yang terserang jamur sudah sembuh dan subur lagi setelah saya bersihkan daun yang kena jamur berulang kali. Dan saya semprot juga memakai fungisida berulang kali. Jadi tidak saya konsumsi sementara, awet banget loh taneman seledri ini udah setahunan masih hidup dan bagus aja. Oke itu aja updatenya, besok saya cerita lagi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun