Minggu, 19 Januari 2020

Tokkebi Jajanan Korea

Apa itu Tokkebi? Itu jajanan orang Korea yang mudah membuatnya. Awal Januari kemarin saya melihat-lihat di Youtube cara bikin jajanan ini, kebetulan anak saya juga yang menunjukkan. Dia suka nonton ASMR dan di situ kadang orangnya ASMR makan tokkebi dan jajanan korea lainnya. Nampaknya sangat enak, setelah lihat cara membuatnya juga nggak susah-susah amat.

Nah jadilah saya kemarin mencoba membuatnya. Bahannya hanya sosis, kentang goreng siap pakai, tepung maizena 50 gr dan terigu 75 gr. Tambahkan penyedap rasa dan garam juga sedikit air. Potong sosis atau utuh juga bisa, tusuk dengan tusukan sate, lilitkan adonan tepung berbumbu tadi pada sosis gulingkan pada kentang goreng yang dipotong-potong lalu digoreng. Selesai dan mudah sekali membuatnya.

Sedikit saran, kawan pernah mencoba dengan kentang biasa yang masih segar bukan kentang siap goreng dan ternyata hasilnya lebih bagus yang kentang siap pakai. Mungkin kalau kentang segar lebih lama untuk matangnya sehingga takutnya tepung keburu matang atau gosong sebelum kentang matang. Saya belum mencobanya sih, karena kentang segar mengandung banyak air kemungkinan juga sulit menempel pada adonan tepung nantinya, maksudnya gampang copot.

Untuk  hasilnya, dimakan saat kondisi tokkebi sudah dingin pun masih enak dan krenyes. Karena beberapa sisanya saya bawa untuk cemilan saat jalan-jalan dengan anak saya saat itu. Makannya enak pakai mayones yang pedas, jika suka sih.

Jadi ingat awal tahun 2019 kemarin juga saya awali dengan mencoba membuat berbagai makanan begini. Saat itu saya membuat pizza, pie, bakpia dan beberapa makanan lain. Kenapa saya belajar mencoba membuat kue-kue? Karena saya tidak bisa membuatnya tentu saja, maka saya belajar membuatnya. Sayang tulisan saya saat itu belum sempat saya salin dan keburu hilang saat ponsel saya mati beberapa waktu lalu.

Pizza


Pai Buah

Sedikit cerita saja, pai buah itu menggunakan banyak resep yang saya dapat di internet. Itu juga kali pertama membuat pai buah. Dan pai buah itu kali kedua atau ketiga kalinya saya mencoba memasaknya. Untuk bahannya biasa saja, kemudian isian vla biasa juga campuran susu air dan maizena kalau tidak salah saya agak lupa. Yang nggak biasa saya memasak bukan dengan oven, tapi saya panggang dengan alat bebakaran yang saya lapisi beberapa layer loyang.

Bakpia

Begitu juga dengan bakpia itu, itu isi bakpianya bukan adonan kacang hijau tetapi taro atau ubi kuning dan ubi ungu. Saya sangat suka isian ini karena buatan sendiri jadi saya membuatnya sangat basah dan ini juga kali pertama saya membuat bakpia. Sedang bakpia di gambar atas adalah kali kedua saya membuat bakpia dan hasilnya lebih mirip dengan bakpia pada umumnya yang kulitnya lembut serta berlapis. Enak juga saat dimakan kemudian dipanasi sebentar dengan teflon, isian jadi lebioh lembut dan kulit lebih enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun