Senin, 13 Juli 2020

PIZZA TEFLON DENGAN TAKARAN SENDOK

Akhir Juni kemarin saya menonton chanel youtube Puguh Kristianto tentang membuat Pizza Teflon Crown Crust. Dan saya jadi kepingin membuat pizza lagi.

Sudah lama juga tidak membuat pizza teflon dan anak saya juga pengin dibuatin dan ada bahannya juga di rumah. Sudah lama tidak membuat pizza jadi pengin aja. Saya menyebut pizza teflon karena cara  membuatnya juga nggak pakai oven. Meskipun pizza yang saya buat itu tidak sama persis seperti di chanel mas Puguh tetapi setidaknya saya mencontoh resep untuk adonan pizzanya seperti itu. Karena hal penting dalam membuat pizza bagi saya ya adonan dasar pizzanya. Kalau masalah topingnya mungkin bisa apa saja sesuai selera atau apa yang ada saja. Selain mudah juga takaran yang dipakai juga takaran sendok jadi sangat bisa diikuti.


Bahan:
200 gram/ 20 sdm tepung terigu
2 sdm gula halus
3 gram ragi instan
1 butir kuning telur
3 sdm minyak goreng
8 sdm susu cair
Toping bebas sesuai selera

Cara membuatnya:
Campur semua bahan kemudian diamkan selama 30-60 menit, demikian dalam video itu dijelaskan. Tetapi saya seperti biasa membuat adonan maka campurkan bahan cair dulu yaitu susu dan ragi, kebetulan susu saat itu punyanya kental manis, saya mencampurnya dengan air sedikit hangat agar ragi bekerja baik. Aduk susu dan ragi hingga ragi larut, sisihkan (biasanya setelah beberapa saat akan muncul buih kecil jika ragi masih baik). Campur bahan tepung terigu dan gula halus, masukkan bahan cair tadi, juga kuning telur dan minyak goreng kemudian aduk rata. Setelah tercampur rata saya tutupi adonan dan saya diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit adonan saya sudah mengembang dan siap dipanggang. Pipihkan adonan dalam loyang sesuai selera, tambahkan toping. Saya olesi saus tomat, saya tambah potongan sosis dan taburi sedikit kornet, kemudian atasnya tambahkan keju mozarela jika ada. Karena tidak ada keju mozarela maka saya memakai keju QuickMelt punya Kraft, tambahkan sedikit saus lagi diatasnya kemudian panggang. Saya memanggang bukan dengan teflon tapi loyang roti dibawahnya saya lapis saja, dalam resep itu dipanggang dengan api kecil 1 jam. Saya saat itu hanya memanggang sekitar 15 menit sudah matang dan tidak gosong sama sekali bagian bawah.


Oh iya dijelaskan di dalam video jika ukuran terigu satu sendok makan di situ tidak peres tetapi tidak terlalu munjung juga. Saat pertama saya buat agak terlalu banyak terigu jadi agak kering, saya tambah sedikit air tidak apa-apa, sedikit saja tapi. Adonan tetap mengembang baik. Terima kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun