Kamis, 11 Maret 2021

Brownies Enak

Kemarin Rabu tanggal 10 Maret saya mencoba resep Brownies punya mas Puguh Kristanto.

Selamat memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw 1442 H. Barangkali ada yang sedang berpuasa Tanggal 27 Rajab hari ini, dan sedang mencari ide makanan untuk berbuka sore nanti? Sila saja mencoba resep brownies ini siapa tahu suka karena mudah saja membuatnya.

Sebenarnya saya sudah tidak boleh lagi makan cokelat dalam semua bentuknya. Kalau misalnya saya memakan cokelat saya memilih hanya porsi yang sangat sedikit saja. Jadi karena bosan dengan roti dan kue yang itu-itu saja saya pengin membuat roti yang rasa cokelat. Dan dari resep brownies yang saya lihat di YT hanya punya mas Puguh saja yang memakai bahan cokelatnya lebih sedikit. Jadilah saya memakai resep brownies terenak ala mas Puguh ini. Lagi pula saya sudah sering mencoba resep–resep mas Puguh juga.


Bahannya:
100 gr cokelat batang
50 gr butter/ mentega
40 ml minyak goreng
2 butir telur
150 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis cokelat
100 gr tepung terigu
25 gr cokelat bubuk
Toping sesukanya, bisa cokelat atau cookies

Cara membuatnya:

Panaskan oven dahulu, kemudian lelehkan cokelat batangan, butter dan minyak goreng. Caranya didihkan air dalam panci. Kemudian bahan tadi di panci yang lebih kecil masukkan dalam air mendidih hingga cokelat dan butter meleleh. Kemudian kocok telur dan gula hingga memutih, masukkan cokelat dan bahan yang dilelehkan tadi. Tunggu agak dingin lelehan cokelatnya ya agar adonan telur tidak matang.

Kemudian masukkan 2 sdm susu kental manis kembali aduk hingga rata. Kemudian masukkan adonan kering terigu dan cokelat bubuk, aduk rata. Siapkan loyang yang dioles mentega atau dialas kertas roti, kemudian masukkan adonan, beri toping sesuai selera. Oven sekitar 25 menit lalu keluarkan setelah matang.



Rasa dan tekstur brownies ini mengingatkan saya dengan brownies kemasan siap pakai yang suka saya beli. Hasilnya mantap menurut saya, senang rasanya bisa membuat brownies dengan meracik bahan sendiri (maksudnya dari resep mas Puguh ya).

Tetapi yang aneh adalah saat matang saya kira saya ini membuat fudge brownies, ternyata bukan. Dari gambar dan banyak YT yang saya tonton dan download kemarin itu saya kira resep fudge brownies he he. Saya kira juga bakal jadi shiny crustnya seperti brownies kekinian itu, kayaknya ada ya tetapi tipis banget ha ha. Tapi jangan kawatir, rasanya tetap mantul sih. Teksturnya enggak begitu basah enggak begitu kering, saya oven api sedang 30 menit. Yap, saya baca-baca membuat shiny crust di atas brownies memang enggak mudah. Tapi saya cukup puas dengan brownies dengan bahan yang saya cari sendiri ini. Yap, ini saja untuk brownies enak ini, sila dicoba jika suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun