Sabtu, 26 Desember 2020

Yachaejeon

Yachaejeon (vegetable pancake) adalah salah satu makanan Korea yang dalam pembuatannya cukup mudah. Sering melihatnya di chanel youtube saat mereka memasak jadi membuat saya ingin membuatnya. Mungkin kalau di Indonesia lebih mirip dengan bakwan. Hanya saja kalau di Indonesia bakwan lebih cenderung banyak tepungnya sedangkan yachaejeon lebih banyak sayuran atau isiannya. 

Yachaejeon ini sekilas mirip pajeon, kalau pajeon sayurannya lebih banyak daun bawang atau kucai. Biasanya bahkan daun bawangnya dimasak utuh begitu saja. Daun bawang ditata di penggorengan, kemudian isian lainnya lalu disiram dengan adonan tepung yang encer. Masak hingga matang kemudian sajikan. Karena saya tidak begitu menyukai bau daun bawang yang menyengat, maka saya memilih memasak yachajeon. Kalau isiannya banyak irisan kol/ kubis nanti beda lagi, namanya Okomoniyaki (jajanan Jepang) dan biasanya menggunakan telur adonannya. Ya sebenarnya kalau saya lihat baik bakwan, yachajeon, pajeon dan okonomiyaki ini agak-agak mirip sih.


Yachaejeon bahannya bisa apa saja, yang penting sayuran tetapi kalau di Korea seringnya daun bawang, wortel, kentang, zucchini, daun kucai, dan udang atau cumi. Tetapi jika tidak ada udang atau cumi bisa diganti apa saja sesukanya untuk topingnya, saya menggunakan potongan bakso di sini.

Saya tidak menggunakan potongan kentang tetapi menggunakan irisan daun bawang, wortel, jamur, terong (karena sepertinya mirip-mirip zucchini), cabai rawit merah dan bakso. Semua sayuran diiris memanjang, kemudian bakso diiris tipis (agar lebih mudah menempel) kemudian sisihkan. Buat adonan tepung bumbu (tepung bumbu siap pakai), kira-kira saja adonannya juga lebih encer dari adonan biasa untuk gorengan, agak teksturnya tetap lembut di bagian dalam tetapi krispi diluarnya. Kemudian masukkan potongan sayuran dan bakso ke dalam adonan tadi. Kemudian goreng di teflon datar beri sedikit minyak saja, sekitar 2 sdm atau lebih sedikit lagi. Jika teflonnya anti lengket bahkan tidak perlu memakai minyak sebenarnya. Tekan-tekan saat memasaknya agar matang semua, jangan terlalu lama agar sayuran masih segar dan manis. Angkat jika sudah kecoklatan dan sajikan saat hangat.


Dari berbagai resep yachajeon yang ada, saya memilih yang tepungnya minim sekali dan lebih encer. Karena saya sering menonton di chanel orang korea mereka memasaknya juga minim sekali tepungnya dan lebih menonjol sayurannya. Jadi saya ketika memilih resepnya juga melihat hasilnya, jika hasilnya tebal lebih mirip bakwan saya tidak akan melihatnya, tetapi jika tipis penuh sayuran maka saya lebih menyukainya. Dan saya tidak menggunakan telur dalam adonan, karena saya lebih suka begitu. Makanya saya pikir yachajeon ini lebih sehat karena banyak sayuran dan minim tepung dan minim minyak goreng. Oke, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun