Senin, 13 Juli 2020

CARA MEMBUAT CHEESECAKE TANPA OVEN

Sudah lama banget pengin makanan satu ini, dan karena kelamaan belum jadi-jadi beli maka saya googling aja resep dan cara membuatnya di youtube.

Ternyata cara membuatnya tidak terlalu sulit maka saya putuskan untuk membuat sendiri saja. Saya memakai resep dari chanel youtubenya Nong Kitchen. Eh ternyata recook dari chanel Puguh Kristanto Kitchen, saya juga suka nonton chanel mas Puguh dan coba-cobain juga resepnya. Saya melihat beberapa resep lain, ada yang cheesecakenya di panggang seperti di chanel HidaMari Cooking, ada juga yang tidak dimasak sama sekali misalnya di HiroMaru cook TV, tetapi saya memilih resep ini karena sepertinya mudah dan hasilnya sepertinya yummy banget. Dari bahan resep di bawah ini, saya memakai setengah resep saja sudah jadi satu loyang kecil ini.


Creamcheesenya saya beli di toko khusus bahan kue, tetapi di supermarket saya kira juga ada. Saya membeli creamcheese potongan 250 gram dengan harga kisaran 23 ribuan. Saya membuat ini waktu bulan puasa kemarin sekitar bulan April. Nyimpen creamcheesenya di freezer ya kalau nggak langsung digunakan karena kalau di suhu ruang dia bisa menjadi lembek.


Bahan dari resep aslinya:
110 gram biskuit
45  gram mentega/ butter cair
450 gram creamcheese
125 gram gula pasir
3 sdm air lemon
2 bungkus agar-agar bubuk
200 ml susu cair
Selai strawberry/ blueberry secukupnya

Karena nggak ada lemon maka saya pakai jeruk nipis, biskuitnya dari resep semacam marie biskuit gitu tetapi saya seketemunya biskuit di rumah saja. Susu cair kalau pakai kental manis maka porsi gula sebaiknya dikurangi. Karena saya waktu itu pakai susu kental manis kalau gula pasir tidak dikurangi takutnya kemanisan.


Cara membuatnya:
Hancurkan biskuit hingga menjadi bubuk kemudian tambahkan mentega cair aduk rata kemudian tata di loyang. Rapikan adonan sambil ditekan-tekan, sisihkan. Kemudian dalam wadah panci campurkan bahan cheesecream, gula pasir, air lemon, susu cair dan agar-agar bubuk. Setelah tercampur rata semua bahan tadi, kemudian panaskan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal sampai mendidih (jangan terlalu lama, sebentar saja) kemudian tuang di atas adonan biskuit tadi. Simpan adonan di lemari es (jangan di freezer) tunggu 2-3 jam atau semalaman. Jika sudah beberapa jam maka cheesecake siap dinikmati dengan selai strawberry. Hasilnya benar-benar legit gurih dan manis cocok dinikmati dengan kopi atau cokelat hangat. Terima kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun