Rabu, 04 November 2020

Lumpia Isi Bihun

Lumpia merupakan salah satu makanan yang sering dijual oleh pedagang jajanan/ gorengan. 

Mungkin karena enak dan mudah ditemukan, makanan ini sering jadi suguhan saat arisan, cemilan teman minum teh atau bahkan suguhan di acara-acara formal. 

Tetapi lumpia yang saya temui kebanyakan di daerah saya adalah lumpia isi sayuran, lumpia isi ayam atau telur dan yang paling terkenal lumpia isi rebung. Pernah beli lumpia isi bihun di dekat rumah, dan sejak saat itu saya menyukainya. Kata suami lumpia di rumahnya dulu juga isiannya bihun begitu. Sedang lumpia di sekitar saya saat ini kebanyakan kalau bukan rebung ya isi sayuran.


Cara membuatnya mudah saja, siapkan bahan sebagai berikut:

  • Kulit lumpia siap pakai, bisa dibeli di pasar atau warung. Harganya cukup murah sekitar 4 ribuan   sudah dapat berlembar-lembar (saya tidak menghitung isinya).
  • Untuk bahan isi: siapkan bihun dan bumbu untuk mengolah bihunnya: bawang putih, lada, garam dan penyedap jika suka.
  • Terigu 3 sdm dan air untuk melengketkan kulit lumpia.

Cara membuatnya: 

  • Masak air secukupnya dalam panci, tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih masukkan bihun secukupnya, saya memakai 2 biji yang ukuran sedang untuk hasil sekitar 1 piring lumpia.
  • Setelah bihun layu kemudian angkat, tiriskan dan sisihkan. Setelah agak dingin potong-potong sedikit biar lebih mudah untuk dimasak dan diambil saat buat isian.
  • Haluskan bumbu dan tumis di wajan, setelah harum masukkan bihun. Jika suka saat menumis bumbu tadi ditambahkan irisan bawang merah dahulu baru bumbu halus.
  • Setelah bumbu harum masukkan bihun lalu aduk rata, setelah beberapa menit kemudian angkat dan sisihkan.
  • Ambil kulit lumpia, masukkan satu sendok bihun kemudian gulung, tutup lipatan dengan mengoleskan adonan terigu tadi. Saya lebih suka jika isian lebih sedikit karena mudah digulung, rapi dan lebih enak. Sisihkan hingga bahan habis.
  • Jika sudah selesai, goreng lumpia bihun tadi hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun