Sabtu, 07 November 2020

Microgreen aka Kecambah Gagal

Baunya nggak begitu enak, tetapi teksturnya saya suka. 

Bau kecambah menurut saya agak-agak nggak enak, apalagi kalau kecambah yang masih belum panjang-panjang. Maksudnya kecambah sendiri di pasar seringnya ketemu ada 2 macam kecambah, kecambah yang tampak bijinya baru keluar akar sedikit dan ada yang sudah panjang-panjang akarnya. Nah sayalebih suka kecambah yang sudah panjang-panjang batang putih-putihnya itu. Jarang sekali beli kecambah yang masih kecil-kecil tadi, bahkan kalau menemuinya di makanan pun saya enggak suka. Sebab kalau dimasak sebentar tekstur batang putih-putihnya itu kres-kres banget saya suka.

Tanggal 30 Okt

Nah kemarin itu punya banyak stok biji kacang hijau di rumah.Bukan dari beli sih, dari dikasih ortu pas pulang. Itu juga kacang hijau hasil tanam ortu sendiri, bukan beli. Kadang ortu kalau males bertanam pas musim kemarau seringnya sawah ditanami kacang kedelai atau kacang hijau. Hanya tanam, nanti tumbuh sendiri, nggak perlu perawatan ekstra.

Kemarin-kemarin saya bikin bubur kacang hijau, maksudnya saya rebus dengan santan dan gula jawa gitu aja udah nggak ditambahi bahan yang lain. Lama-lama bosen juga dan masih bijinya karena cukup banyak, jadi pengin bikin kecambah aja iseng-iseng. Sebenarnya beli kecambah murah banget ya, tapi kalau bikin sendiri rasanya kok seneng aja. 

Tanggal 03 Nov

Seperti bikin bubur kacang hijau, bijinya setelah dipilihin biji yang bagus, dicuci bersih dan direndam dengan air selama hampir seharian. Setelah bijinya nampak lebih gemuk-gemuk atau sedikit berubah jadi besar, maka saya taruh di wadah dilapis dengan tisu basah. Kemudian saya simpan dalam gelap dengan ditutup pakai plastik hitam. 

Tanggal 04 Nov

Tanggal 30 Okt saya mulai simpan dengan ditutup tisu basah dulu baru ditutup plastik hitam. Sehari kemudian sudah pecah biji-bijinya mulai keluar akar. Tanggal 03 Nov saya cek sudah meninggi. Sesekali saya semprot pakai air itu kacang hijaunya. Pas segitu entah kenapa saya pengin batang putihnya lebih tinggi lagi, jadi saya simpan lagi. Tanggal 04 Nov sekitar jam 7 malem saya buka kemarin sudah tinggi-tinggi dan daunnya nampak masih kuning. Tetapi, habis lihat video di youtube soal microgreen kok jadi pengin bikin dia hijau gitu. Kalau kecambah kan sudah sering makan ya, pengin aja mencoba makan yang beda. Maka nggak jadi saya panen, tanggal 05 pagi saya buka dan ditaruh di dapur yang agak terang selama seharian setelah saya semprot air lagi.

Tanggal 05 Nov

 

Tanggal 05 Nov pulang kantor jalanan habis hujan deres dingin banget, sampai rumah masih capek eh pohon terong ada yang ambruk keberatan kayaknya.Jadi belum masuk rumah, malah benerin pohon terong dulu, dan benerin pohon kelapa juga. Eh pas masuk dapur lihat hijau seger-seger gitu microgreen aka kecambah gagalnya rasanya tuh seneng banget. Enggak mau sampai keluar daun lagi jadi cukup 2 daun muda itu saja dan saya potong semua. Katanya kalau microgreen dipanen umur 10-12 hari, tapi dari awal benih di taruh di luar dan ada sinar matahari. Saya cukup gini aja saya potongin. Saya simpan di kotak beralas tisu sedikit basah dan saya tutup, disimpan di kulkas. Kalau rasanya dimasak jadi kres-kres mirip jamur enoki karena batangnya panjang dan putih lembut juga.

Oh iya, dari video bikin microgreen ini saya lihat ada yang pakai media tanah lembut, ada yang pakai spons khusus bertanam kayak hidroponik gitu, dan saya pilih tisu. Karena rencana awal saya mau bikin kecambah sih he he, biar lembab dan menyerap air saja bagian bawah. Untungnya kalau buat microgreen juga cocok karena saya rasa lebih bersih nanti hasilnya, kalau pakai tanah takutnya agak kotor ya, apalagi kalau mau dimakan mentah. Ya pas mau digunakan mesti dicuci semua dulu lah, mau dimasak juga dicuci dulu. Misal dicuci pun kalau berlebihan takutnya malah rusak karena masih bakal tanaman muda. Jadi meskipun bersih media tanamnya bukan di tanah, pas mau dikonsumsi tetap wajib ya dicuci  dulu, biar aman dan sehat.

Semula saya khawatir kalau microgren panen ini disimpan akan layu, jadinya nggak seger lagi. Biasanya saya lihat itu kan disimpan masih di wadah medianya, terus pas mau digunakan diambil dipotong ya. Tapi, ternyata dengan disimpan di kotak dengan potongan dan ditata rapi microgreen ini masih segar malah kayak hidup gitu. Sekarang pun Tgl 07 masih segar seperti saat saya potong pertama kemarin. Buat campuran goreng telur sama jamur campignon enak, buat masukin mie rebus juga enak, mau ditumis atau dimakan mentah kalau suka juga enak. Kalau biasanya saya lihat buat bahan salad atau garnis makanan gitu ya. Oke, selamat berkebun dan tetap jaga kesehatan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun