Rabu, 04 November 2020

Beberapa Chanel Youtube Untuk Panduan Hidup Alami

Masa pandemi yang hampir setahun lamanya ini, mungkin membuat banyak orang jarang ke luar rumah dan hanya berkegiatan di rumah saja. 

Biar enggak bosan barangkali kamu bisa meneruskan hobi atau memulai suatu hobi baru selain menghibur juga menambah wawasan selama di rumah saja. Jika belum tahu mau mulai dari mana mungkin beberapa chanel youtube ini bisa di tonton jika kamu senang dengan tanaman atau berkebun dan menyukai gaya hidup sehat dan alami.


Saya sendiri hanya mencari-cari saja saat itu berkaitan dengan berkebun, bertanam dan lainnya. Kemudian beberapa chanel itu disarankan begitu saja. Ada banyak bertebaran chanel youtube yang bagus-bagus tentang bagaimana hidup selaras dengan alam, bagaimana membuat dan menggunakan pestisida/ pupuk alami, ditambah tentunya berkebun, bertanam bahan pangan sendiri, menerapkan sistem kebun permakultur, hidup minimalis dan off grid.


Berikut daftar beberapa chanel bagus yang bisa ditonton:


-    Exploring Alternatives
Chanel ini milik Mat dan Danielle, yang menampilkan orang-orang yang hidup di rumah kecil seperti rumah mobil, rumah kapal, dan lainnya. Mereka sering menyebutnya gaya hidup off grid, mereka mengeksplorasi gaya hidup alternatif.

Ini sesuatu yang baru bagi saya. Pernah melihat kawan saya sendiri ada yang sudah mempraktekkan pengolahan sampah rumah tangga, hidup tanpa TV, tapi listrik masih dari PLN, masih pakai kulkas sedangkan untuk memasak sebagian sudah memakai biogas yang diolah oleh orang-orang di kampungnya.

Chanel ini sering membahas tentang hidup Off the Grid (OTG). Saya sendiri jadi mencari tahu off grid sendiri maksudnya apa sih? hidup dengan cara yang memadai tanpa bergantung pada layanan publik seperti layanan PAM, gas, listrik dan lainnya. Atau kalau istilah kita sering dengar hidup kembali ke alam atau keluar dari peradaban modern ketergantungan pada sumber energi dan layanan publik. (sumber: pangkalan gambar.blogspot.com)

Chanel ini sering menampilkan sebuah keluarga atau seseorang yang tinggal dirumah minimalis, yang tentu saja sesuai gaya hidup Off the Grid tadi maka menggunakan energi yang diperbarui, teknologi inovatif, di tempat yang terisolasi dari keramaian kota dan lainnya. Biasanya menampilkan rumah-rumah dengan kemampuan menyediakan kebutuhan energinya sendiri / listrik, air, menyiapkan makanan, mengolah sampah dan air limbah sendiri. Tentu saja ada yang tanpa AC, tanpa kulkas, TV, radio, dan hal-hal yang biasa digunakan manusia modern saat ini.

-    Happen Films
Chanel ini dikelola Jordan Osmond dan Antoinette Wilson, dan 4 orang kontributornya (Lou, Nick, Jason dan Ray) demikian dijelaskan di laman webnya. Mereka membahas masalah permakultur, agrikultur, rumah-rumah mungil (off grid) yang ramah lingkungan, pengolahan sampah, food forest, perkebunan organik dan lainnya.Kurang lebih sama dengan chanel sebelumnya, tetapi lebih banyak menyoroti tentang gaya hidup bertani, berkebunnya.

-    The Gardening chanel with James Prigioni
Chanel ini mengutamakan soal berkebun, bertanam dan ketahanan pangannya. Dari mulai tip-tip berkebun, membuat food forest, dan tentunya acara panen kebunnya yang sangat beraneka macam bersama anjing cokelat kecilnya yang doyan makan wortel dan timun.

-    Paragraphic
Ini chanel baru yang saya temukan saat saya cari-cari soal jamur. Saya suka jamur jadi cari-cari saja chanel yang membahas itu, salah satunya ada di salah satu video milik chanel ini. Tampilan editing videonya yang modern dan keren bikin saya menikmati menontonnya. Ada yang membahas tentang berkebun hidroponik, bertanam jamur dan kelestarian varietas jamur dan lainnya.

-    Random Project ID
Karena videonya yang jernih dan bagus saya menyukai chanel ini. Cara pengambilannya yang lembut dan kadang slow motion membuat cara berkebun mas ini jadi bagus. Mulanya mas pemilik chanel ini berkebun di Australia, kemudian sekarang sepertinya sudah kembali ke Indonesia. Chanel ini milik orang Indonesia, bukan seperti beberapa chanel sebelumnya.

Lebih banyak membahas berkebun sih chanel ini. Pembuatan kebunnya, penanaman tanaman-tanamannya, update keadaan kebun, panen dan lainnya. Isi videonya belum begitu banyak.

-    Ipoel War-wer dan Sambi Farm
Ini khusus membahas tanaman anggur. Siapa tahu ada yang suka bertanam anggur juga. Dari persiapan lahan, penanaman, perawatan pohon, pembuahan dan seterusnya. Kebetulan saya lagi butuh karena lagi mencoba bertanam anggur juga. Oh iya, ini juga jelas ya chanel orang Indonesia he he.

-    Hidup Alami ala Momi Ike
Chanel negeri sendiri ini juga banyak membahas soal berkebun, tetapi ada juga cara pembuatan kompos rumahan, pembuatan POC, hidup alami tanpa bahan kimia, dan lainnya. Sering sekali update video, jadi sudah banyak sekali videonya. Pemiliknya suka makanan mentah dan menghindari pakai minyak goreng.

-    Bumiku Satu
Chanel ini menurutku paling dalam membahas soal hidup alami sampai sejauh ini yang saya temukan. Tiap videonya membahas seseorang yang menerapkan cara hidup alami, dari yang biasa saja misal seseorang di Jakarta yang berkebun di atas rumahnya dan memakan hasil berkebunnya atau biasa disebut Urban Farming/ Urban Gardening, sampai yang paling ekstrim hidup alami sampai pengolahan sampah dan limbah serta mengajarkan ke orang-orang lain (komunitas juga) mengenai hal-hal tersebut. Inspiratif banget nonton chanel ini. 


Sekian saja daftarnya, kalau ada yang mau menambahkan chanel bagus lainnya bisa loh kasih tahu saya di kolom komentar. Jika ada yang salah di tulisan mengenai masing-masing chanel yang saya bahas misalnya, bisa juga kasih komentar biar bisa saya betulkan tulisannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun