Rabu, 20 Agustus 2014

Bermain Bentuk Dengan Clay


Bermain Bentuk Dengan Clay
Bunga  
Clay, jika mendengarnya pasti teringat ketika kecil dulu. Anak - anak suka bermain dengan clay siap pakai yang banyak dijual di toko - toko. Terkadang saya menyebutnya dengan lilin. Bahannya juga sangat beraneka ragam, dari tepung, sabun, lem dll. Sebenarnya saya dan anak saya pernah bermain- main dengan clay ini beberapa tahun lalu ketika dia masih TK. Kalaupun tidak membeli langsung, guru di sekolah anak saya juga mengajari membuatnya langsung dengan tepung terigu untuk lebih amannya. Berikut hasilnya dari ketika saya dan anak saya bermain saat itu.


Bermain Bentuk Dengan Clay
Berbagai bentuk
Bermain Bentuk Dengan Clay
Bentuk Orang dll

Jika anda hendak membuat adonan clay sendiri, berikut bahan yang dibutuhkan :
  • 25 gr Tepung Tapioka
  • 20 gr Tepung Maizena
  • 20 gr Tepung Beras
  • 50 gr Lem Putih
  • 1 sdt bensoat / pengawet kue ( pengawet ) jika diperlukan
  • Pewarna yang diinginkan
Ada yang membuat clay ini yang dikeringkan, sehingga bahan pengawet ini akan membuat tepung tidak jamuran ketika belum kering. Caranya campur tepung dan lem, kemudian setelah kalis bagi beberapa bagian dan campur dengan warna- warna yang diinginkan. Selanjutnya clay siap dibentuk. Bahan yang lain juga bisa anda cari apabila lebih bagus misal dengan tepung yang lain, sabun mandi, roti tawar atau yang lainnya. Apabila anak yang akan bermain masih rentan menelannya, maka gunakan tepung - tepung saja.

Tentu saja bermain clay ini melatih keterampilan dan kreasi anak anda. Daya imaginasi dan kreatifitasnya akan tersalurkan dengan baik. Tentu saja hal ini akan sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Anda juga bisa sekaligus ikut bermain, mengenang masa kecil ketika kita masih bermain dengan clay alami dari tanah liat hehe. Selamat berkreasi, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.