Rabu, 05 Desember 2012

MENGENAL ORIGAMI


ORIGAMI

Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang. Berasal dari kata “ Ori “ yang berarti melipat dan “Gami “ yang berarti kertas.


Origami yang kita kenal pada waktu kita kecil dulu adalah melipat dengan kertas warna warni dan membuat bentuk yang masih terbilang sederhana. Misalnya saja bentuk katak, burung, baju, perahu,bunga dll. Tetapi dengan berkembangnya waktu origami menjadi seni yang lebih menarik lagi. Origami bukan hanya diminati anak- anak tetapi juga diminati orang dewasa. Masih dengan media kertas tetapi mampu mewujudkan bentuk-bentuk yang lebih rumit dan sangat menarik. Misalnya saja tokoh – tokoh kartun ataupun animasi, tokoh-tokoh dalam game, hingga tokoh-tokoh dalam film seperti naga, putri, robot, dll.

Kira – kira bulan februari kemarin kebetulan ketika jalan- jalan di pasar pagi ( sunmor ) ada mahasiswa yang jualan origami ini. Ada yang sudah jadi dalam kotak melamin dengan berbagai ukuran, adapula yang belum jadi dalam satu paket. Bagi yang malas merangkai maka bisa membeli yang sudah jadi dalam kotak melamin tersebut tetapi dengan harga yang agak lebih mahal. Dalam satu paket ada 4-6 lembar kertas bergambar origami yang siap dipotong dan dirangkai, ada lem kertas, ada tusuk gigi. Harganya cukup terjangkau dari sembilan ribuan hingga belasan ribuan. Ada tokoh seperti Snow white, Naruto, Doraemon dan tokoh tokoh yang disukai anak anak hingga penggemar  anime atau manga. Sewaktu saya membeli itu yang berkerumun bukan hanya anak- anak tetapi juga remaja dan mahasiswa.

Salah satunya Little Pony yang setelah dirangkai hasilnya seperti gambar diatas. Karena tidak ada petunjuknya hanya mengira- ngira sendiri dalam merangkainya maka tingkat kesulitannya bertambah dan dibutuhkan kesabaran. Kalaupun ada petunjuknya itu hanya singkat saja. Beberapa waktu lalu bahkan sempat browsing di internet juga menemukan model-model origami tersebut yang bisa di print sendiri dan dirangkai sendiri. Modelnya dari raccoon, hamster, kucing lucu, kelinci, dll. Melatih keterampilan tangan kita sembari bernostalgia dengan masa kecil kita, ataupun kita bisa membuatnya bersama si kecil. Oke semoga bermanfaat.



33 komentar:

  1. suka ekornya,..warna ungu...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ekornya lucu ya mba'
      kuda bersayap

      Hapus
  2. Kreatif.
    Pernah liat ebooknya tuh buat origami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma coba coba aja
      ada juga ya ebooknya

      Hapus
  3. Balasan
    1. makasiy..
      makasiy dah mampir kesini
      salam kenal

      Hapus
  4. Saya dulu sempat belajar tapi tetap saja tidak bisa :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar lagi hehehe
      beli aja yang sudah jadi, kan jadinya tidak repot

      Hapus
  5. waah imut bgt.. kreatif ya..
    kapan2 mo nyoba bikin ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngisi waktu luang, iseng aja

      coba aja mbak

      Hapus
  6. kunjungan perdana genk mmberi spot. salam kenal'y genk. mmpir genk di tmpt aq heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang sudah mau mampir kesini
      salam kenal juga
      meluncur ke tempat

      Hapus
  7. anak2 saya tu dari jaman mereka kecil2 dulu susah banget saya ajak main origami bareng. padahal asik banget kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agree dan Arien kan paling jago mainan kuas sama alat musik
      mana mau main origami pak Roni
      asiknya bernostalgia

      Hapus
  8. oh origami...
    Bagus hasilnya...
    tapi pasti sulit...

    hehe, saya kurang sabaran... tapi kalau ada kemauan pasti bisa :)
    apa lagi kalau pengen... harus jadi...

    .
    btw nice share... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fikri : iyakah ? makasiy
      enggak begitu sulit juga, asal sabar aja
      dimana ada kemauan disitu ada jalan (apaan coba)
      jangan terburu burulah
      makasiy kembali Fikri

      Hapus
  9. wah bisa di jual ternyata ya. kenapa saya ga kepirian dulu ya, kalau gitu, sudah saya jual dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita anak Kost : iya bisa saja dijual

      wah punya juga ya , laris manis yang jualan itu

      Hapus
  10. waw amazing,
    kreatif banget..
    jujur akugak bisa bikin origami :)
    boleh ajarin.. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lukman : mengisi waktu luang saja

      boleh boleh, cari kertas , ambil gunting dulu he he


      Hapus
  11. keren kak, kalau aku dulu waktu sd juga sering buat origami ngelipat kertas jagi pesawat terus di adu dengan teman2 pesawat siapa yang paling jauh terbangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Djuju : iya pas dulu kecil juga suka begitu

      sekarang sudah enggak kan he he

      Hapus
  12. ada nggak situs yg nyediain pola-pola origami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budy Shinichi : mungkin ada mas Budi
      soalnya aku pernah dapat tapi ebook

      Hapus
    2. saaaaaaaaaaaraaaaaaaannnnnnn........

      tolong donk postingannya dikasih tombol G+1 agar saya, teman-teman, atau para pengunjung lain yg suka dengan postingan-postingan anda bisa kasih +1 ^_^b

      Hapus
    3. Budy Shinichi : makasiiiiiih banget sarannya mas Budi

      iya nanti saya kasih deh

      Hapus
    4. akhirnya tombol G+1 muncul juga :p

      Hapus
  13. cskep karyanya ...jadi inget anak-anak ni sob..paling suka kalo sdh di kasih kertas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahbub Ikhsan : iya anak anak kalau di kasih kertas senang banget
      di acak acak dipotong potong dan dilipat itu

      Hapus
  14. pernah belajar origami tapi malah kena tinggalin sama yang ngajar sebab aku telah melipat hatinya hehe....

    bercanda, pertama kali berkunjung salam persahabatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopral Sermud : teganya ,hatinya terus terlipat sejak itu hehe
      salam kenal juga, makasih sudah mampir kemari

      Hapus
  15. ingat masa SD dlu paling sering bikin pesawat dan kapal *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rohis Facebook : iya origami yang paling mudah dan semua bisa

      makasih sudah mampir kemari, kapan kapan boleh mampir lagi hihi

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.