Jumat, 22 Agustus 2014

Cara Membuat Soto Ayam

Cara Membuat Soto Ayam
Soto Ayam

Tentang Soto

Sudah pernah saya tuliskan bahwa saya tidak begitu bisa memasak, masih terus belajar. Ada kalanya jika saya berusaha untuk tetap mengolah sendiri makanan bagi keluarga, agar kelak ( harapan saya sih ) anak perempuan saya juga bisa memasak.

Soto Ayam, banyak dijual dan kita jumpai dimanapun. Disetiap daerah bahkan punya ciri khas sendiri tentang masakan soto ini. Saya pernah membaca buku soal soto, di berbagai daerah memiliki namanya sendiri. Misalnya Soto Banjar, Soto Kudus, Soto Sokaraja yang cenderung manis khas dengan kerupuk warna warninya, Coto Makasar yang berbahan jeroan, Soto Betawi, dll. Baik bahan ataupun cara mengolahnya juga berbeda - beda. 


Soto Ayam

Soto Ayam berkuah bening adalah salah satu masakan soto yang bisa kami jumpai disekitar rumah jika ingin membelinya. Tetapi, setiap membelinya terasa ada yang kurang menurut saya, hanya terlalu banyak kuah atau rasanya hambar. Daripada hanya menggerutu maka seringnya masku lebih suka jika saya sendiri yang mengolahnya.

Soal bumbu saya juga tidak begitu hapal, seringnya saya beli bumbu jadi yang banyak tersedia dimanapun. Dari bumbu sachet produk pabrik besar dengan merk ternama, atau bungkusan racikan bumbu uleg segar dari pasar, atau bumbu utama kering siap dihaluskan. Biasanya saya lebih mantap memilih bumbu kering ( biasanya isi cengkeh, kayu manis, kapulaga, pala, jinten, merica, ketumbar, kunyit dan jahe kering ) siap dihaluskan. Kemudian semua bumbu dihaluskan terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, sedikit gula, jahe, kunyit, bumbu kering yang hendak dihaluskan. Sisihkan daun jeruk, serai, kayu manis, cengkeh.

Ayam dicuci bersih dan direbus dengan air secukupnya, air nantinya menjadi kuah. Setelah matang ayam diangkat, biasanya saya masukkan garam pada airnya agar ayam tidak hambar nantinya. Setelah itu bumbu halus dihaluskan dan ditumis sebentar hingga harum kemudian masukkan kedalam air rebusan ayam tadi. Kemudian masukkan juga daun jeruk, serai, kayu manis, cengkeh, juga potongan daun bawang. Setelah mendidih sisihkan.

Ayam goreng sebentar atau langsung disuwir. Siapkan juga sebelumnya irisan kol layukan sebentar, bawang goreng, dan irisan daun seledri untuk taburan. Telur ayam rebus jika suka, dan mi soon yang telah direndam air panas sebentar. Tata dimangkok atau piring semua bahan dan tuangi dengan kuah soto tadi ketika masih panas. Siapkan sambal soto yang biasanya dibuat dari cabai rawit direbus dan dihaluskan, plus kerupuk. Soto ayam siap disajikan, mudah bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun