Kamis, 06 Oktober 2022

BELIMBING

Tanggal 27 September 2022 kemarin saya akhirnya memetik belimbing saya yang hanya satu saja berbuah. 

Pohonnya saya tanam di ember bekas cat, batang pohonnya juga masih kecil paling sebesar pulpen. Tetapi saat saya membeli pohon itu memang sudah berbuah dan saat di rumah begitu saya pupuk langsung berbunga banyak meskipun enggak jadi buah. Saya membeli pohon itu sekitar akhir bulan April kemarin. 



Buahnya lumayan besar lebih panjang dari telapak tangan saya, panjangnya saya ukur kurang lebih 16 cm. Omong-omong soal buah belimbing saya jadi ingat dulu di kampung ada tetangga yang punya pohon belimbing, tetapi belimbing lokal yang kecil-kecil sepet dan asem gitu. Jadi saya jarang sekali beli buah belimbing karena saya masih berpikir buah belimbing itu asem dan sepet seperti dulu. Tetapi belimbing yang saya petik ini rasanya manis dan sangat berair, maksudnya airnya banyak banget.

Oh iya dulunya bunga belimbing ini menghasilkan banyak calon buah belimbing. Tetapi karena saya pupuk entah kaget atau terlalu banyak pupuknya, akhirnya calon buah yang masih kecil-kecil rontok semua. Sehabis saya pupuk itu, calon buah yang sekitar 15 biji di pohon kecil itu berguguran rontok. Tapi bersisa satu buah ini, dia ini yang paling besar diantara calon buah yang lain. Atau memang kalau lagi berbunga tidak boleh dipupuk berlebihan ya, soalnya malah rontok calon buahnya. Sebenarnya sih tidak terlalu banyak, saya pupuk paling 1 sdt seminggu sekali atau mungkin karena di pot jadi terlalu dekat dengan akarnya. Oke selamat berkebun sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun