Selasa, 19 Agustus 2014

Tentang Kebetulan

" Dan pada sisi Allah-lah kunci - kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata ( Lauh Mahfudz)"
( Al Quran Al An'am 59)


Dari surat diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini tidak terjadi dengan kebetulan. Hal ini pula yang menjadikan kata kebetulan yang sering saya atau mungkin anda ucapkan mengenai sesuatu menjadi tidak benar. Pernah suatu waktu ketika saya menulis status di suatu media sosial saya di tegur oleh kawan saya mengenai kebetulan ini, bahwa menunjuk surat di atas tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini. Hanya saja biasanya agar saya tidak merasa ke Ge Er an akan sesuatu hal yang saya alami, maka seringnya saya bilang kebetulan saja agar mudah. Wallahua'lam yang sebenarnya, Allah saja yang tahu.


2 komentar:

  1. iya Mbak, saya sudah lama menghindari kata kebetulan.
    Pernah suatu ketika saya di sebuah rapat, saya bilang, "kebetulan saya saat ini menangani masalah ini...", langsung saya ralat, "Ehh, maksud saya, di dunia ini tidak ada yang kebetulan ding.. "

    BalasHapus
  2. Pak Zach : memang tidak ada yang kebetulan. Tetapi terkadang masih saja bilang kebetulan, karena kata 'kebetulan' sendiri juga ada hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.