Sabtu, 08 Mei 2021

Update Pohon Paprika

Pohon paprika yang aku tanam sudah berbuah. Tapi hanya salah satunya.

Jadi saat itu aku tanam benih segar parika merah ini tanggal 1 januari 2021. Seteah sekian hari masing-masing benih akhirnya aku pindahkan ke pot dan polibag. Masing-masing aku tempatkan di tempat yang berbeda. Semula pohon yang aku tempatkan di meja kecil di samping rumah lebih cepat besar dan tumbuh paling subur. Daunnya lebar dan besar-besar juga sehat. Begitu pula pohon yang saya taruh di teras rumah. Perlahan mereka tumbuh besar dan akhirnya berbunga. Memang tidak semuanya, karena pertumbuhannya berbeda. Ada yang mulai diserang apid, ada yang diserang kutu kebul ada juga yang daunnya mulai keriting kuning dan berguguran.


Saya pernah menyemprot dengan pestisida eh fungisida tapi tidak membaik. Yang terserang hama kebanyakan yang berada di tempat teduh. Ada satu pohon yang nampak kecil dan sakit saat itu saya taruh di tempat sangat panas eh justru pohon inilah yang berbuah saat ini. Daunnya juga sudah sedikit keriting dan tidak mau tumbuh daun lagi setelah berbuah. Ada sekitar 4 bakal buah, yang 2 berguguran kering sedang yang 2 lagi sepertinya bertahan.



Pohon lainnya? ya 3 pohon paling subur, paling saya sayang karena daunnya jumbo kelihatan kalau parika tidak seperti yang lain daunnya kecil justru akhirnya tidak berbunga. Bahkan diserang penyakit-penyakit tadi. Akhirnya tidak mau tumbuh daun lagi hanya begitu saja juga tidak berbunga. Sekitar 10 pohon lebih yang saya tanam sampai besar, dan dari sekian banyak itu baru 2 pohon yang nampak berbuah. Dan 1 pohon yang paling besar buahnya. Lainnya memang saya taruh di tempat teduh. Saya kira karena yang paling subur daunnya itu bagus, jadi sebagian besar saya taruh di tempat teduh.

Biar baru berbuah itu saja, saya cukup bersyukur karena dulu saat saya menanam paprika pertama kali tidak berhasil. Jadi dia tumbuh sangat lama, dan setelah agak besar diserang penyakit dan mati. Jadi saya belum melihat pohonnya berbunga apalagi berbuah. Dan saya masih menyimpan benih parika segar cukup banyak, tapi tidak tahu juga apakah masih tumbuh kalau saya tanam saat ini.

2 komentar:

  1. dari 10 pohon akhirnya 2 menampakkan hasilnya...keren ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mba baru itu yang berbuah, semoga pohon lain menyusul

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun