Sabtu, 22 Mei 2021

Update Berkebun

Tanaman sawi-sawian yang saya tanam sudah sebagian besar saya panen. Dan sawi-sawi itu saya konsumsi sendiri. Ada sisa satu yang bagus sebenarnya tapi pas ditinggal pulang lebaran kemarin malah jadi kekuningan. Jadi saya biarkan saja sisa 1 sawi putih yang deket paprika itu. 




Oh iya lebaran kemarin saya memang di rumah ortu. Hanya dua hari saja saya di sana, karena hampir selama awal pandemi baru pulang sekali saya ke rumah ortu. Mosok iya lebaran ini enggak pulang juga, soalnya lebaran tahun kemarin saja saya enggak pulang. Lagian rumah saya masih satu kota sama ortu jadi enggak ke luar kota. Dan saya anak bapak yang di sini, soalnya kakak dan adik saya di luar pulau semua tinggalnya. Apalagi kemarin juga bapak habis sakit cukup lama, ya pas lebaran kemarin sudah sembuh makanya saya putuskan untuk lebaran si sana. Di sana juga enggak silaturahmi ke sodara, hanya ke bulik samping rumah itu pun karena anaknya habis lahiran jadi sekalian tengok bayinya. Terus ke adik kakak ibu kandung saya, itu juga karena bulik habis sakit operasi usus buntu kemarin dan pakde habis sakit lama dan nggak bisa jalan. Selama pandemi ini saya juga belum menengok pakde pas sakit. Dan saya juga ke sana karena nganter bapak saya yang pengen nengok pakde, ya karena pakde habis sakit lama itu. Alhamdulillah kemarin pakde juga sudah bisa jalan walau pakai alat bantu. 

Udah hanya silaturahmi ke mereka aja, meskipun begitu suami marah ke saya karena tidak mau diajak ke bulik-buliknya. Padahal saya lagi pusing beneran habis pulang dari ortu kemarin, Saya juga jaga anak saya maksudnya jangan diajak kemana-mana masih situasi begini, tapi baginya saya salah aja wis. Udah gitu saya maunya libur kemarin masih ada waktu buat istirahat di rumah dari sisa libur, jadi si rumah bapak hanya dua hari saja. Eh udah itu aja curhatnya ya ha ha.

Balik ke tanaman di pot saya, saya juga menanam potongan bagian bawah daun bawang seperti biasa. Daun bawang dari warung masih seakar-akarnya saat dijual, dan bisa di tanam lagi. Tetapi ada yang hidup ada banyak yang mati membusuk juga. Pohon ubinya menjalar subur banget, kadang agak nakutin juga kalau buat ngumpet apa gitu saking rimbunnya, semoga keluar ubinya ya amiin. 

Bayangkan pohon serimbun itu berasal dari satu tunas kecil yang tumbuh dari kulit ubi yang saya buang loh. Satu tunas tumbuh memanjang, saya potong-potong dan saya tanam lagi. Jadi banyak deh, apalagi sekarang semakin merimbun.

Sebagian pohon paprika ada yang daunnya saya pangkas habis karena jelek diserang kutu atau apid. Tetapi saya lihat kemarin karena saya masih siram terus dari batangnya muncul lagi tunas dan daun kecil-kecil lagi, seneng banget. Yang berbuah paprikanya keberatan, kemarin saya tambahin ajer dari bambu buat menahan buahnya. Memang pohonnya kecil paling 30an cm aja, saya kira kewalahan menahan dua buah parika yang semakin besar itu. Paprika ini sepertinya untuk kesuburan daun di awal tumbuh cocok di tempat yang teduh, tetapi kalau untuk pembuahan diletakkan di tempat terkena sinar matahari saja dia akan lebih cepat berbunga dan berbuah. Seneng banget bisa nanam paprika ini sampai besar dan berbuah, iki kali kedua saya nanam parika soalnya. Ah iya ada tomat yang sudah merah juga dan saya petik sehabis lebaran kemarin.

Oh iya tadi pagi saya memangkas pohon cincau,  karena saya biarkan dia merambat ke pohon sawo. Anehnya sawonya sepertinya malah senang dirambati cincau, dia jadi kayak terlindung dari panas gitu malah berbunga banyak juga. Tapi karena hampir menutup semua jadi saya pangkas yang merambat ke pohon sawo. Semula saya mau buang aja, eh tapi baru ngeh ini kan daun cincau ya, akhirnya saya ambil di wadah aja buat bikin cincau.

Itu aja sih kondisi tanaman-tanaman saya, selamat berkebun, melukis, memasak, membaca buku, nonton drakor, rebahan, ngopi ngeteh atau apapun yang kamu ingin lakukan yang bisa membuatmu bahagia.

6 komentar:

  1. seneng banget kalau dirumah banyak tanaman ijo begini mbak.
    apalagi orang rumah aku memang suka taneman ya, dan ini lengkap banget dirumah mbak suzy, ada tomat segala, paprika juga
    bener bener fresh from the oven

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba seneng nanem-nanem aja, maaf baru dibalas karena baru buka juga. selama pandemi jarang buka blog ini jadinya. terimakasih sudah berkunjungdi sini mba

      Hapus
  2. wah, enak bgt ya, bisa berkebun sayuran sendiri. Kalo nanem sawi itu pake biji ya mbak? saya paling doyan tuh ama sayur sawi.

    BTW, aku follow ya blognya, kalo berkenan follow balik ya mbak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sawinya dapat dari beli benih hidup mas, iya tapi ini jadinya bukan seperti sawi putih biasanya itu. sawi putihnya sepertinya jenisnya beda. oke mas terimakasih sudah difollow, kayaknya aku sudah follow lama deh ada diblogroll ku kok blog masnya he he

      Hapus
  3. mba suzzy sama aku pun lebaran di kampyng karena ortu sempet sakit hiks...jadi karena uda dua tahun ga balik akhirnya kemaren balik, cuma emang baliknya pas uda lama awal tahun hihi

    mba aku kebayang kebun buahnya...ada pohon sawo..mhuhu aku suka banget ama sawo

    trus tanaman paprika juga seneng nyawangnya soalnya merah merah nyenengin ati kalau liat tanaman yang kita tanem berbuah

    (´∧ω∧`*)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sudah sembuh ya mba ortunya, selama pandemi saling jaga kesehatan saja mba.
      kebunku depan rumah hanya sepetak kecil mba hehehe pohonnya nggak gede kok dalam pot malah. iya mba sayang paprika merahnya belum sempat dipost udah ilang gambarnya huhu

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun