Sabtu, 03 April 2021

Bolen Pisang

Jumat tanggal 2 kemarin saya membuat bolen pisang.

Ini kali pertama saya membuatnya. Saya sering menjumpai bolen pisang di penjual jajanan langganan. Kalau sabtu atau minggu pagi saya sering ke warung sayur dan di dekatnya ada penjual jajanan, nah di situlah saya sering membelinya.

Kalau yang sering saya beli kulitnya lebih kering, lebih tebal, pisangnya kecil dan sering nggak ada kejunya. Dan dari resep ini bisa menghasilkan 16 biji bolen pisang, tetapi menurut saya hasilnya kulitnya lebih tipis tetapi tetap lembut dan enak. Tetapi ini terjadi mungkin karena saya memakai terigu dan lainnya hanya ukuran sendok sih, enggak tahu kalau ditimbang beneran. Bolen Pisang ini cara membuatnya dari YT Yackikuka sedangkan resepnya dari BB Kitchens.

Bahannya:
Bahan A:
100 gr tepung terigu
75 gr margarin
1 sdm minyak goreng
Bahan B:
200 gr tepung terigu
75 gr mentega
50 gr gula halus
80 ml susu cair
1 kuning telur untuk olesan

Bahan isian:
Pisang, meses dan keju

Cara membuat:
Campur bahan A, gunakan spatula lalu uleni hingga kalis. Kemudian bungkus adonan dengan plastik lalu masukkan kulkas. Simpan selama 15-30 menit.

Campur bahan B, aduk rata kemudian uleni hingga kalis, bungkus adonan dengan plastik. Kemudian simpan adonan di kulkas juga selama kurang lebih 15-30 menit.

Siapkan bahan isian, kupas pisang (saya memakai pisang kepok yang manis banget) kemudian bagi dua lalu goreng dengan minyak sedikit sampai kecoklatan, angkat sisihkan. Potong-potong keju sesukanya untuk dimasukkan di bolen nantinya. Saya 1/ 2 keju cheddar dipotong jadi 16 bagian.

Panaskan oven di suhu 150 derajat celsius, olesi loyang dengan margarin, sisihkan. Keluarkan adonan tadi dari kulkas, lalu potong menjadi masing-masing 16 bagian. Bulatkan potongan itu dan sisihkan. Kemudian ambil 1 bulatan adonan B pipihkan dengan roller, lalu masukkan 1 bulatan adonan A. Kemudian adonan B yang didalamnya ada adonan A, kemudian gilas kembali memanjang, gulung adonan dan sisihkan. Habiskan ke 16 bagian adonan seperti itu.

Lalu setelah itu ambil 1 adonan tadi, gilas melebar kemudian masukkan pisang, keju dan meses tadi. Bungkus dengan adonan dengan cara dilipat. Kemudian masukkan loyang, susun semuanya dalam loyang yang disiapkan sebelumnya. Olesi bolen dengan kuning telur di atasnya, taburi toping sesukanya.

 

Kemudian panggang dioven selama 45-60 menit, sampai kecoklatan dan matang. Sayang sekali karena saking lamanya membungkus pisang dengan adonan itu, saya sampai lupa mengoles atasnya dengan kuning telur. Hasilnya tentu saja pucat kurang cantik, tetapi soal rasanya benar-benar enak. Lembut banget, empuk banget kulitnya, saya senang sekali dengan hasilnya karena baru pertama bikin sudah seenak ini. Yang mencicipi bolen pisangnya juga bilang enak, dan saya senang aja. Tetapi sepertinya saya campur margarin agak lebih banyak dari adonan karena saya pakai ukuran kira-kira saja he he. Tetapi karena hasilnya enak, jadi saya kira tak apalah.

Saya ingat membuat dua adonan kulit begini saat membuat kulit bakpia dulu. Tetapi seingat saya salah satu kulit bakpia saat itu menggunakan lebih minyak goreng bukan margarin. Tetapi kulitnya enak bolen pisang ini, lebih krispi empuk dan lembut banget. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun