Sabtu, 17 April 2021

Jan Hagel Cookies

Kamis kemarin tgl 15 saya membuat cookies Jan Hagel ini.

Bahannya :
400 gr mentega/ margarin
180 gr gula halus
2 kuning telur
2 sdm tepung maizena
1 bungkus susu bubuk
500 gr tepung terigu
Almond slice secukupnya untuk toping
1 kuning telur untuk olesan

Cara membuatnya:
Panaskan oven dan siapkan loyang olesi dengan margarin atau alasi dengan kertas roti. Campur margarin atau mentega dengan gula halus dalam wadah, kemudian mixer sebentar hingga margarin lembut saja, atau jika tidak ada mixer gunakan whisk. Kemudian masukkan kuning telur campur kembali sampai tercampur rata saja, kemudian masukkan bahan kering tepung terigu, maizena dan susu bubuknya. Kemudian aduk kembali, kali ini cukup dengan spatula saja sampai adonan tercampur rata dan kalis.

Kemudian gilas adonan dengan ketebalan sesuai selera, setidaknya untuk ukuran cookies biasa saja, saya juga hanya kira-kira tidak benar-benar mengukurnya. Cetak sesuai selera, dari resep YT dengan bentuk kotak, sedangkan saya mencetak dengan bentuk oval. Tata di loyang, olesi dengan kuning telur dan taburi dengan kacang almond, lalu panggang di oven selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang.  

 


Resep ini saya dapatkan dari YT Beqs Kitchen. Sesuai resep cookies ini dipanggang 15 menit kemudian dikeluarkan dan dirapikan lalu dipanggang lagi 15 menit. Dirapikan di sini maksudnya saat dipanggang itu cookies agak melebar sedikit jadi dipencet-pencet dirapikan sesuai bentuknya lagi. Tetapi jika ribet tidak perlu dirapikan juga tidak apa-apa karena tidak begitu melebar banget bentuknya. Jadi saat mencetak beri jarak saja antar cookiesnya ya.

Saat saya mencari di internet dengan kata kunci Jan Hagel cookies, saya melihat kebanyakan bentuk kuenya itu agak tipis ya. Katanya ini cookies dari Belanda, meski begitu masih enak untuk dicoba dan dinikmati. Saya mencoba resep ini karena bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Kalau untuk rasanya, menurut saya enak, lembut mirip dengan kue Butter Cookies (saya lupa he he belum menuliskan tentang butter cookies ini, besok coba saya tuliskan sedikit) yang pernah saya buat itu. Kalau dilihat bahannya memang mirip sih. Kemarin saya mencoba resep ini memakai setengah resep, jadi kuenya satu toples ukuran sedang lebih sedikit.Oke selamat berlibur, dan selamat menjalankan puasa Ramadhan. Semoga resep kue ini bisa jadi ide kamu untuk kue Lebaran nanti, terima kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun