Sabtu, 27 Februari 2021

Roti Isi Keju Sosis

Sudah lama saya tidak membuat roti jadi ingin sekali membuat lagi. 

Dan tanggal 13 kalau tidak salah ingat kemarin saya membeli oven tangkring. Semula saya bingung mau pilih oven listrik tetapi watt listriknya cukup besar sedang listrik di rumah tidak terlalu besar. Sudah begitu dengan harga sekitar 700 ribuan baru mendapat oven listrik yang kecil dan sempit hanya sekitar 2 baris pemanggang saja. Jadi akhirnya karena kakak saya juga memilih oven tangkring (maksudnya oven yang dipakai di atas kompor saja) maka saya memutuskan memilih oven tangkring.

Apalagi saat itu saya melihat ada oven yang cukup kecil diantara oven tangkring lain yang cukup besar. Dan ternyata, setelah saya bawa oven kecil ini pun cukup besar dan lumayan sulit juga membawa pulang dengan naik motor dengan anak saya, saya kira kecil saja. Oh iya harganya cukup murah jauh di bawah oven listrik hanya sekitar 300 ribuan saja. Selain itu baris pemanggangnya lumayan banyak ada 4 baris jadi lumayan lebih gede dibandingkan oven listrik yang sempit-sempit itu.

Oke cukup cerita soal ovennya kembali ke roti yang saya mau buat untuk ngetes pertama kali oven baru ini. Jadi saya melihat roti simpel banget buat sarapan di YT Atha Naufal, roti buat sarapan mudah dan enak. Tetapi, akhirnya saya pikir saya pengin buat pizza aja yang udah biasa saya buat, jadilah saya pakai bahan roti dari pizza dan isiannya keju sosis yang dibulatkan seperti di YT Atha Naufal itu. Anggap saja ini resep blasteran he he. Lha saya pikir ini juga coba-coba aja.

Jadi bahan roti persis dari pizza punya mas Puguh yang takaran sendok aja itu, kemudian isiannya keju serut yang cukup banyak dan sosis yang diiris-iris kalau biasanya jadi toping pizza ini dimasukkan di pizzanya utuh bulat kemudian baru dipipihkan lagi.

Saya mau cerita proses mengovennya saja, saya panaskan oven di suhu sekitar 100 derajat dengan api sedang (saya masih takut-takut nih ceritanya). Kenapa saya takut karena oven ini ternyata besar dan tidak bisa langsung dipasang di atas kompor begitu saja, karena akan menutup apinya, mepet banget gitu ke kompor. Jadi saya cari lagi di YT cara pakai oven tangkring (baru saya tahu disingkat : otang). Karena saya belum beli tempat tangkringan ovennya, juga nggak ada batu bata atau pengganjal di rumah, maka saya mencoba menumpuk 2 tangkringan kompor saja dan jadinya lumayan tinggi juga jadi saya pakai begitu dulu sementara.

Untuk toping roti pizza ini biar nggak polos gitu, setelah saya sapu kuning telur atasnya saya kasih serutan keju dan karena bingung kalau pizza kan cenderung gurih padahal saya maunya roti manis jadi saya kasihlah siraman susu kental manis di atas toping kejunya. Karena panas sedang, sekitar 36 menit roti tampak mengembang baik, 45 menit toping keju kecoklatan sedikit. Akhirnya roti saya angkat di menit kurang lebih ke 50an. Hasilnya ngeju banget, rotinya juga manis enak, karena saya pakai keju cheddar jadi enggak lumer, mungkin lebih enak lagi kalau dicampur dengan keju mozarella jadi bisa melumer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun