Sabtu, 27 Februari 2021

Bolu Sederhana

Bolu yang sederhana, bisa jadi teman minum kopi atau teh di sore hari, berikut cara membuatnya.


Bahan:
4 butir telur
100 gr Tepung terigu
120 gr gula pasir
20 gr susu bubuk
75 gr butter cairkan
½ sdt baking powder
½ sdt vanila jika suka

Cara membuatnya:
Mixer telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih.
Kemudian masukkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder aduk rata
Kemudian masukkan butter cair hingga tercampur rata.
Saya tidak memakai vanila karena tidak suka bau vanila. Masukkan ke loyang yang telah dioles mentega dan ditaburi terigu tipis, panggang 30 menit atau sampai matang.

Saya memanggang dengan otang suhu 120 derajat api sedang, aku tunggu 45 menit sampai bagian samping kecoklatan dan tampak memisah dari loyang. Sebenarnya 30 menit saya tusuk bolu sudah matang tetapi saya pengin nambah lama sedikit jadi pas di 45 menit saya baru angkat.

Oh iya untuk loyang itu memakai yang ukuran 20 x 20 cm sesuai resepnya, loyangnya agak tipis jadi cepat matang menurut saya. Saya juga lupa enggak kasih toping, jika suka bisa kasih toping apa saja sesuai selera. Karena saya memanggang lumayan lama dan matang maka roti masih enak dan bagus tidak berubah rasa sampai sekitar 3 hari di kotak plastik di suhu ruang.

Kali kedua saya memasukkan potongan-potongan keju ke dalam adonan bolu sebelum dipanggang, hasilnya lebih enak, dan karena seting panas di 140 derajat hanya 30 menit angkat sudah matang dan hasilnya lebih basah dari yang kemarin. Bolunya sama awetnya dengan kemarin, enak buat teman ngopi atau ngeteh pagi/sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun