Sabtu, 27 Februari 2021

Souffle Kentang

Sejak lama saya pengin sekali kentang keju panggang. 

Tetapi karena saat itu nggak punya oven jadi saya belum bisa membuatnya. Saya melihat di YT berbagai cara membuatnya, dan saya memilih milik Home Cooking Adventure - Resep Souffle Kentang.

Bahan sesuai Resep:
2 sdm / 30 gr butter
3 sdt tepung roti
1 kentang besar / 300 gr direbus
85 gr keju cheddar
30 gr keju parmesan
2 sdm kucai segar
2 butir telur
6 sdm susu
Lada secukupnya.

Cara membuatnya:
Siapkan wadah untuk souffle, saya jadi satu pakai wadah untuk pai biar gampang dicopot.
Sebenarnya sesuai resep pakai mangkuk, tetapi saya eman-eman kalau mangkuk cantik begitu pecah kena panas. Karena akan disajikan begitu saja memakai mangkuk panggangnya langsung, sekitar 4 mangkuk kecil di resep.

Mangkuk dioles butter dan dilapisi dengan tepung roti tipis-tipis (saya tidak melapisi tepung roti hanya dioles butter saja). Panaskan oven untuk memanggang. Kupas kentang dan dilumatkan hingga lembut, parut kedua keju (saya hanya memakai keju cheddar saja) campur dengan adonan kentang. Kemudian masukkan kucai potong segar dalam adonan (saya tidak memakai juga karena pas tidak ada kucai, ada seledri segar tapi males juga saat itu he he pengennya berasa keju aja).

Ambil dua kuning telur campurkan ke adonan. Tambahkan lada sedikit ke adonan sesukanya saja. Kemudian panaskan susu dan butter sebentar sampai butter lumer, kemudian masukkan ke adonan juga. Aduk putih telur sampai putih kaku dan masukkan ke adonan juga. Masukkan adonan ke wadah pemanggang, bisa mangkuk tahan panas kecil tadi atau saya memakai loyang pai.

Panggang di oven 15-17  menit sampai matang kecoklatan. Saya dalam resep hanya memakai 1 telur sih he he, dan takut pakai susu juga jadi susu saya kurangi dari resep, karena saya takut amis gitu. Belum pernah pakai susu untuk masakan gurih soalnya. Eh ternyata pas matang tetep ga berasa susunya dan enak banget, apalagi dimakan pas anget-anget pakai saus sambal wah mantab, dimakan gitu aja juga enak. Saya pakai toping keju karena lagi pengin aja sih, tekstur pas matang sudah mirip seperti di YT tetapi saya pengin lebih kering lagi sebenarnya. Karena suhu oven takut panas jadi hanya manggang di suhu 150c aja, jadi lebih lama manggangnya sampai atasnya kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun