Selasa, 17 Januari 2017

Ensiklopedi Yahudi Bergambar

Judul: Ensiklopedi Yahudi Bergambar- AlYuhudu Al Mausu'ah Al Mushawwarah
Penulis: Dr Thariq As Suwaidan
Penerjemah: Arif Munandar
Penerbit: ZamZam
Cetakan: Februari 2016
Tebal: 592 Halaman


Buku ini isinya tentang pembahasan lengkap seputar yahudi dari sejarah, akidah, kitab suci, syariat, sekte, organisasi, ekonomi, pendidikan, militer, politik dan tokoh-tokohnya.  

Saya membaca buku yang lumayan tebal ini tidak sampai habis karena bukan milik saya sendiri jadi bacanya ngebut. Bagian-bagian yang saya rasa penting. Karena buku ini mau dipinjam juga nggak bisa jadi saya habiskan hanya satu sampai dua jam untuk membacanya. Cover bukunya cukup tebal dan kualitas kertasnya sangat bagus. Banyak ilustrasi gambar dan foto asli.

Saya baru tahu nama topi bundar yang sering dipakai orang-orang yahudi itu kalau nggak salah namanya kippah ya dari buku ini. Juga apa sebenarnya benda kotak kecil yang sering dipakai di kepala mereka yang berisi beberapa ayat dari kitab sucinya itu.

Sebagai buku pengetahuan buku ini sangat lengkap. Segala yang ingin kita ketahui tentang mereka bisa dibaca di buku ini. Termasuk isi dari beberapa kitab-kitabnya, bahkan isinya secara singkat tiap kitab juga dijelaskan poin per poinnya. Sekilas ada beberapa nama dan kisah yang mirip di kitab suci agama lain, seperti kisah Nabi Sulaiman, Musa dan lainnya. Ada juga dijelaskan tentang kisah Sapi juga tentang Manna Salwa.

Dari mulai kitabnya hingga hari-hari besarnya, bahkan makanan dan lainnya juga dijelaskan. Termasuk tokoh-tokohnya dan bagaimana penyebaran mereka. Dari awal keberadaannya hingga ke zaman modern saat ini.

Tetapi sayang sekali ya, saya kira semua agama mengajarkan hal yang baik, tapi ada keterangan di buku ini yang membuat saya ngeri. Bahkan secara hukum saya yakin ini tidak benar atau bertentangan.

Disebutkan dalam Talmud bahwa,"Dibolehkan menipu orang buta huruf dan mengambil hartanya dengan cara riba. Akan tetapi bila engkau menjual atau membeli sesuatu dari saudaramu sesama yahudi jangan mengelabuhinya dan jangan menipunya." yahudi juga memandang bahwa manusia selain mereka adalah binatang. Dalam Talmud Yerusalem hal 94 disebutkan bahwa nutfah yang darinya umat-umat lain di luar agama yahudi diciptakan adalah nutfah kuda. Rabbi memond mengatakan,"yahudi memiliki hak memperkosa wanita yang tidak beriman, maksudnya yang bukan yahudi." Disebutkan juga dalam Talmud,"Halal memperkosa anak kecil selain yahudi selagi ia telah berusia 3 tahun." Wow, mengerikan sekali kalau memang yang dituliskan di buku ini benar. 

Ya itu singkat saja tentang buku ini, benar tidaknya anggap sebagai pengetahuan saja. Saya menuliskannya sebagai catatan untuk saya sendiri apa saja buku-buku yang sudah saya baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun