Selasa, 08 April 2014

Pengetahuan Nenek Moyang

Ingat kelahiran anak saya, maka saya juga ingat tentang tali pusarnya yang masih saya simpan hingga sekarang. Orang tua jaman dulu memberi tahu jika tali pusar bayi yang sudah kering itu agar di simpan di wadah tertentu. Katanya sih nantinya buat obat anak kita apabila terkena sakit baik panas demam atau yang laninya. Terlepas waktu itu bagi saya dengan masih bertanya tanya bagaimana bisa itu untuk mengobati, saya hanya menjalankan saja apa yang di katakan orang tua saya. Karena ya itu tadi, saya selalu positif thinking kalau di nasehati hal -hal yang agak tidak masuk akal cenderung seperti pamali, mitos, atau apalah namanya itu. Saya berpikir bahwa mereka nenek moyang dan leluhur kita itu pasti menyampaikan hal itu untuk kebaikan kita, hanya saja saya yakin kita saja yang belum mengetahui alasannya. Jadi cenderung melaksanakan saja tanpa tahu kenapa dan kenapanya.

Kata ibu kalau anak panas atau demam rendaman tali pusar itu jika di minumkan bisa menurunkan panasnya. Tetapi ternyata jauh lebih dari pada itu tali pusar itu memiliki manfaat yang lebih hebat. Baru setelah beberapa tahun lalu sel punca ini 'ngetrend' lah istilahnya, karena dari berbagai penelitian di singapura sana bahwa ada manfaat dari sel punca atau sel darah awal di plasenta ini yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti leukimia, tumor dan penyakit lainnya yang saat ini masih sulit di temukan obatnya. Bank sel punca ini sudah ada juga yang di mulai di negara singapura dan tentunya penyimpanan sel darah ini juga memakan biaya yang tidak murah bahkan jutaan rupiah

Nah, baru kita ketahui bahwa apa yang di sampaikan orang tua kita itu, yang sudah di turunkan dari nenek moyang puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu itu ternyata benar. Bahkan kita tahu baru-baru ini saja setelah ada bukti secara klinis tentang kebenarannya. Jadi, benar bukan jika kita menuruti nasehat nenek moyang kita, yang terkesan 'kampungan' aneh atau apalah itu. Jangan buru-buru mengatakan hal itu takhayul atau mitos atau pamali, kita saja yang belum tahu alasannya.

Mungkin masih banyak hal-hal lainnya juga yang berasal dari 'kata' nenek moyang kita yang belum tersingkap jawabannya hingga saat ini. Tetapi kita yakin bahwa mereka juga orang yang memiliki pengetahuan yang jauh lebih hebat dari kita. Bayangkan saja saat itu belum ada laboratorium secanggih saat ini, belum ada tenaga medis yang sepintar saat ini, tetapi mereka sudah menemukan hal yang jauh melebihi apa yang bisa di lakukan oleh kalangan medis saat ini. Amazing bukan.

Demikian saja posting kali ini, semoga ada manfaat bagi yang membacanya. Semoga kita semua selalu di berikan kesehatan sehingga kita bisa beraktifitas dengan lebih baik, amin.

14 komentar:

  1. Rupanya bermnfaat besar ya..pernah denger tpi blom tau bukti klinisnya, org tua dulu kadang2 kita mnganggap tahyul, trrnyata ada maksud yg blom dimengerti

    BalasHapus
  2. jgn2 org2 dulu itu sdh dpt menangkap apa yg tersirat dlm Kitabullah ya...

    BalasHapus
  3. wongcrewchild, iya saya kira begitu, karena mungkin belum menemukan saja alasannya kenapa begitu.

    BalasHapus
  4. Prienamsatutujuh, mungkin juga begitu ya pak hehe hanya saja belum mengetahui benar secara pasti saja, eh iya ya di Al Quran juga banyak di sebutkan baik pengobatan ataupun pengetahuan ya, makasih pak mengingatkan saya tentang itu

    BalasHapus
  5. Bagi yang bergama Islam, hal ini sudah ada sejak 14 abad yang lalu. Informasi teknologi sudah ada dan berkembang bahkan sejak 14 abad yang lalu. Subhannallah

    BalasHapus
  6. saya sendiri juga sebenarnya terkadang juga sedikit heran dengan orang jaman dulu ini, masih demen aja gitu nurutin mitos ne2k moyang.. tapi biasanya mereka sedikit2 ada bnernya jga biasanya :)

    BalasHapus
  7. kalau yang ini mungkin tidak ada efek sampingnya ya...

    BalasHapus
  8. wuah, ada juga nih. tentang mitos bakalan sakit kalo tidur di bawah pohon, katanya sih ketempelan jin makanya bakalan sakit. Eaalah, ternyata di ilmu medis ada loh, tapi saya lupa mau njelasinnya gimana, ehehe

    BalasHapus
  9. tosada : iya, sebenarnya bukan mitos ya lebih tepatnya semacam wejangan atau nasehat lah, kalo mitos kok kayaknya konotasinya jadi agak negatif biasanya

    BalasHapus
  10. Joe ismail : semoga tidak ada pak hehe

    BalasHapus
  11. Ocha Rhoshanda : iya benar mbak Ocha, kalau di bawah pohonnya siang gak papa mbak malah bagus karena menghasilkan oksigen, tapi kalau malam gak baik karena setahu saya pohon menghasilkan Co2 yang berbahaya buat kita.

    BalasHapus
  12. Pak Asep Haryono : benar pak Asep bahkan ilmu medis saja di mulai dari sejak zaman ibnu Sina hehe

    BalasHapus
  13. Walau terkesan aneh... ternyata ada benarnya ya. Meski tak masuk nakal dan begitu g jelas hehe. Tapi sedikit2 ada yg benar dari wejangan orang tua

    BalasHapus
  14. Fikri : iya, mana ada orang tua yang ingin menjerumuskan anaknya
    nasehat yang baiklah intinya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.