Kamis, 20 Desember 2012

BENDUNGAN SERMO

BENDUNGAN SERMO


Waduk atau Bendungan Sermo ini terletak di dusun Sermo Hargowilis Kokap Kulon Progo. Bendungan ini berada di kawasan bukit Menoreh tepatnya sebelah barat kota Wates Kulon Progo. Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996.


Beberapa waktu yang lalu saya sempat jalan-jalan kesana untuk menikmati keindahan waduk Sermo ini. Saya berangkat dari arah Jogjakarta ke kota Wates yang berjarak kurang lebih 30 kilometeran. Semula saya agak bingung ingin lewat jalur mana, tetapi ketika masuk kota Wates tepatnya setelah menyeberang rel kereta api ke arah RSUD Wates saya melihat papan penunjuk jalannya. Kemudian saya ikuti saja arah penunjuk jalan ke waduk Sermo itu, jalannya agak berliku melewati perkampungan tak berapa lama kira-kira 20 menitan akhirnya sampai juga ke waduk itu. Kebetulan waktu itu hari libur dan suasana masih agak pagi agak sepi dan bagian restribusi juga belum ada. Tapi menurut informasi sekarang sudah ada restribusi masuk 3000 rupiah untuk mobil dan 1000 rupiah untuk motor.

BENDUNGAN SERMO

Pemandangan bendungan yang hanya satu-satunya di Jogjakarta ini sangat indah. Dikelilingi barisan bukit menoreh yang menghijau dan air bendungan yang luas tampak seperti danau. Berhubung waktu itu masih sepi dan pengunjung masih jarang, wisata air berupa perahu juga belum buka. Waktu saya berkunjung juga pedagang masih sepi hanya satu dua, agak sulit menemukan warung-warung. Sepertinya tidak salah jika ingin jalan kesana juga mempersiapkan bekal secukupnya terlebih dahulu. Demikian semoga bermanfaat sobat.

17 komentar:

  1. kayaknya bagus tuh untuk camping ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. agus bg : iya bagus pemandangannya, coba aja

      salam kenal, makasih sudah mampir kesini

      Hapus
  2. tempatnya Agung Sedayu dan Sekar Mirah (Novel Api di Bukit Menoreh) ternyata eksotik sampai saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , baca novelnya juga pak Roni
      masih sepi dan hijau

      Hapus
    2. kalo pas hati lagi berkecamuk sesuatu, duduk di tepiannya, yakin saya, bakalan reda seketika.

      Hapus
    3. iya pak , kecuali lagi sedih pak bisa-bisa malah mewek
      terhanyut suasana yang sepi hehe

      Hapus
  3. met siang sobat trmksi bnyk infonya keren banget,ni

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. makasih mbak, masih asri dan dikelilingi perbukitan mbak

      Hapus
  5. Kunjungan balik

    coba tempatnya deked ma rumahku
    :)
    ingin kesana

    salam berbagi yaaa

    BalasHapus
  6. makasih kunjungan baliknya

    salam berbagi juga

    BalasHapus
  7. aku pernah kesini kak dulu sekali waktu masih kecil dengan ayah dan paklek :D
    mancing ikan nila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Djuju : ke waduk itu kah,iya katanya banyak ikan nya

      suka mancing rupanya

      Hapus
  8. fotonya besar n bagus...
    masih sepi enak kayaknya...
    .
    btw dekat ya...
    disana juga ada wates :-)

    BalasHapus
  9. Fikri thufailly : lumayan dekat dan masih sepi
    iya ada kota itu

    BalasHapus
  10. waduk yang bagus gan...dari rumah saya, perjalanan sekitar setengah jam...cukup dekat... :D

    BalasHapus
  11. zaairul haq : iya pak kampung saya juga gak jauh dari situ, kalau temon saya jelas tahu pak

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.