Sabtu, 21 Januari 2023

Kondisi Kebun Terkini

Hasil cangkok jambu dalhari dua-duanya tumbuh baik, udah muncul daun-daun baru. 

Kemudian di kebun kecilku juga ada beberapa pohon yang sedang berbuah saat ini. Diantaranya pohon sawo yang pohon lama, belimbing sudah berbuah lagi dan pohon sirsak yang baru perdana ini berbuah. Pohon sirsaknya meskipun baru perdana berbuah tetapi sudah berulang kali berbunga selama ini, dan baru ini jadi buah. Kemungkinan jadi buahnya setelah pohonnya saya pangkas bagian atasnya dan cabang-cabang yang terlalu rimbun. Hasilnya ada beberapa buah sirsak yang sebagian sudah cukup besar dan sepertinya dalam waktu dekat akan saya panen.

Hasil cangkok jambu

Begitu pula pohon sawo saya yang berbuah dari beberapa bulan yang lalu. Pohon sawo ini seperti tidak berhenti berbuah, jika sehabis panen saya pupuk perangsang bunga kemudian berbuah lagi. Buahnya ya lumayanlah seperti biasanya dan kali ini cukup besar-besar.


Oh iya saya senang sekali kemarin tanggal 12 Januari itu saya iseng mbenerin bambu penyangga pohon abiu. Eh kok nggak sengaja gitu melihat ada bunga kecil berwarna putih sedikit kehijauan. Loh itu saya lihat lagi ternyata sepertinya bunga, wah seneng banget saya langsung foto dong he he. Dan bunganya ini ternyata nempel di batang bukan seperti buah mangga yang berada di pucuk cabang bunganya. Ada beberapa bunga di beberapa cabangnya. Walaupun akhirnya bunga-bunga ini rontok tetapi seneng aja sih akhirnya pohon yang saya beli sekitar 5 bulan lalu ini sudah berbakti sekali dengan belajar berbunga. Padahal saya lihat di youtube pohon ini biasanya mulai berbunga di umur sekitar setahun ke atas. Setelah bunga itu rontok masih ada banyak calon bunganya lagi di sepanjang batang pohonnya juga di cabang-cabangnya. 

Bunga pohon abiu

Bunga pohon abiu

Pohon anggur saya masih ada, masih dan selalu bergelut dengan jamur. Ada jamur kuning tepung itu ada juga jamur yang membuat daun putih dan layu, enggak tahu gimana ngatasinya. Saya sudah semprot dengan antijamur Antracol hasilnya masih saja begitu. Akhirnya saya hanya petik dan buang daun yang terinfeksi saja sampai mau habis sudah. Susah sekali pohon ini bercabang ya, hanya tumbuh memanjang terus saja. Udahlah yang penting punya pohonnya walau tidak memberi saya buah.

Beberapa waktu kemarin saya menanam banyak pohon sawi hijau. Tetapi enggak sebagus yang dulu-dulu, ya ada yang bisa dipanen tetapi saya bergelut rebutan sama siput yang banyak di kebun. Acaranya tiap malam saya ronda memunguti siput-siput.


Pohon black sapote tumbuh bagus semakin meninggi dan bercabang. Calatea lutea saya semakin banyak, saya pisahkan di pot-pot dan jadi hijau dengan daun-daun lebar yang cakep. Pohon pisang itu berbuah setelah berapa lama ya, saya punya pohon pisang sepertinya sudah lama sekali. Tumbuh sehat gemuk tetapi belum berbunga dan saya menunggu anakannya kenapa tidak muncul-muncul juga. Oke segitu saja kabar terkini kebun depan rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun