Rabu, 04 Januari 2023

UPDATE BERKEBUN

Saya mau cerita soal perkembangan kebun dan tanaman yang saya tanam selama hampir 2 bulan ini.

Oh iya saya tidak bisa menulis banyak karena saya upload langsung postingan ini tanpa mengonsep lebih dulu seperti sebelumnya. Hal ini karena laptop saya rusak lagi keyboardnya dan belum saya serviskan. 

Jadi saya kemarin pernah cerita kalau saya berhasil stek pucuk black sapote tetapi ternyata dalam perkembangannya kedua benih Black sapote itu mati. Saya juga bingung kenapa tiba-tiba batang layu dan daun berguguran lalu kemudian mati. Padahal pas masih disungkup baik-baik saja bahkan bertunas dan muncul daun baru. 

Yang masih bertahan hidup sampai sekarang stek jambu Dalhari dan stek juga cangkok pohon Tin. Dari 1 pohon tin saat ini saya berhasil membiakkan menjadi 3 pohon baru. Ada yang tumbuh subur ada juga yang biasa saja tetapi tetap muncul tunas baru di pohon. Dan pohon indukannnya sudah muncul buah alhamdulillah. Kalau untuk nama pohonnya saya lupa, namanya pakai huruf-huruf aja gitu pas beli.

Pohon Tin

 

Kemudian untuk pohon belimbing juga sudah saya petik buahnya. Ukurannya tetap jumbo sekitar15 cm per buah bahkan ada yang lebih besar lagi. Buah pertama saya petik 21 Desember, yang kedua 24 Desember, lalu 26 Desember dan terakhir 27 Desember 2022. Ya, buahnya ada 4 yang sampai panen, kalau bakal buah ada banyak tetapi sebagian rontok dan sebagian saya petik buat penjarangan juga. Ini kali ke 2 pohon ini berbuah, dulu yang pertama hanya bertahan 1 buah saja sampai panen. 

Belimbing

Oke sekian dulu ceritanya, besok saya cerita lagi soal kebun kecil saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun