Jumat, 03 Februari 2023

Petik Buah Sirsak

Kemarin tanggal 26 Januari buah sirsak yang kemarin saya ceritakan akhirnya matang. 

Buah sirsak perdana

Pas saya lihat sebelumnya memang sudah agak menguning kulitnya dan duri/rambut di kulitnya sudah jarang-jarang banget. Eh pagi hari saya cek sehabis hujan deras kemarin ketika saya pencet sudah empuk sebagian, maka langsung saya petik saja buahnya. Tidak butuh waktu lama dalam semalam saja buah sirsaknya sudah empuk matang, seperti matang pohon saja ini. 

Ini buah perdana dari pohon yang saya miliki ini, saya lupa sih sepertinya tumbuh dari biji sirsak dulunya. Di pohonnya masih ada beberapa buah sirsak lainnya dengan berbagai bentuk. Buah yang saya petik ini memang tidak terlalu besar tetapi ya lumayanlah selain bentuknya bagus juga kulitnya lumayan bersih padahal tanpa diberongsong. Kemarin sempat dibuat sarang semut tetapi sudah saya bersihkan sebelum besar.

Sebelumnya saya juga petik buah sawo yang paling besar dan sudah matang di pohon. Suami membantu saya memetiknya dan belum semua tua jadi hanya beberapa saja yang saya petik, di pohon masih banyak buahnya. Sedangkan belimbing masih ada dan sudah agak besar dan kemarin sehabis saya pupuk muncul bunga banyak banget. Mungkin habis saya kurangi cabangnya beberapa semakin banyak mengeluarkan bunga, mungkin juga memang di tempat yang banyak sinar mataharinya. Soalnya satu lagi pohon yang agak di tempat lebih teduh sama-sama saya pupuk tetapi tidak mengeluarkan bunga sama sekali. Memang pohon satunya tidak saya pangkas pohonnya karena masih baru.

Pohon abiu yang kemarin saya ceritakan juga berbunga lagi, karena bunga pertama kemarin rontok semua. Calon bunganya menempel di sepanjang batangnya cukup banyak seperti bunga pohon putsa saya hampir di setiap ketiak daun muncul calon bunganya bergerombol. Saya heran kapan pohon kelengkeng saya akan berbunga, dia paling lama belum nampak sama sekali bunganya. Saking jengkelnya saya stres air sampai pada kuning daunnya eh malah kena hujan pula.

Buah tin masih segitu aja tidak nampak bertambah besar, ternyata kecil juga buahnya saya kira bakalan agak gede gitu. Anehnya kemarin malah daunnya rontok kering satu persatu padahal saya cukup banyak menyiramnya hampir dua sampai 3 kali sehari. Untuk pohon yang sudah memiliki  buah saya siram sehari 2 kali, pagi sama sore. Jika pagi lupa saya siram agak siang dan sore harinya.

Yup segini dulu ceritanya besok saya sambung lagi, terima kasih sudah membaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun