Jumat, 23 September 2022

SAWO-SAWOAN

Oke kembali mau bahas tentang pohon nih, di postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang pohon sawo-sawoan (Sapotaceae) khususnya genitu.

Nah ketika saya mencari soal genitu ini, kok malahan banyak yang menyebut buah ini kenitu ya. Biasa disebut juga sawo duren, ternyata kenapa disebut sawo duren tidak lain karena daunnya yang memang mirip sekali dengan daun duren. 

Panen sawo di bulan Maret

Berdasarkan sumber wikipedia nih ya, buah ini juga disebut sawo apel, sawo ijo, sawo kadu, kenitu, gemintu, cainito (Filipina), caimito/star apple (Inggris), golden leaf tree dll. Nama ilmiahnya Chrysophyllum Cainito


Nah semula saya mengira kalau genitu/ kenitu ini sejenis dengan abiu. Ternyata pas saya cek lewat wikipedia lagi ya, kalau mereka ini dua spesies yang berbeda. Hanya saja, iya benar saja kalau genitu dan abiu ini sama-sama famili Sapoteceae. Nah kalau genitu genusnya Chrysophyllum sedangkan abiu ini genusnya Pouteria. Nah bener ya berarti kalau saya menyebut keduanya ini mirip karena sama-sama famili Sapoteceae atau sawo-sawoan. Kalau untuk daun serta kayu genitu ini juga berkhasiat obat (sumber wikipedia lagi ya), jadi rebusan daunnya bisa menyembuhkan diabetes dan rematik, sedang kulit kayunya bisa sebagai obat batuk.

Panen bulan Agustus
 

Omong-omong soal sawo-sawoan saya kok pengen satu pohon sawo-sawoan yang buahnya jumbo banget itu loh. Mirip banget dengan sawo bentuk buahnya, sama-sama cokelat kulitnya, tetapi pohonnya bener-bener berbeda bentuknya. Iya, saya pengin juga nih memiliki pohon yang disebut sebagai Mamey sapote ini. Biar koleksi sawo-sawoan di rumah lengkap he he. Oke segini saja cerita soal sawonya. Selamat berkebun semuanya dan terima kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun