Jumat, 23 September 2022

MENCOBA BERTANAM SISTEM POLIKULTUR

Polikultur itu teknik menanam yang dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis tanaman dalam satu lahan pada waktu yang bersamaan. 

Sebenarnya sih awalnya karena mengirit tempat saja, lebih memaksimalkan pot yang tersedia. Dan beberapa buat pagar tanamannya, alias mencoba mencari tanaman pelindung tanaman utama dari hama. Eh kok pas mencari-cari di Youtube itu namanya polikultur jadi pengin mencoba sekalian. Selama ini karena keterbatasan lahan jadi banyak tanaman yang aku paksakan ada dalam satu pot. 


Sebagai contohnya saat ini aku menanam pohon terong ungu (sudah saya panen 6 ) dengan mint di sekelilingnya. Hasilnya, biasanya tanaman saya ini diserang serangga kuning seperti kepik yang memakan daun dan berlarva ulat kuning itu, sejauh ini sudah berbuah dan hanya sesekali dihampiri serangga itu. Jadi daunnya sejauh ini aman-aman saja, bahkan kutu putih juga kabur. 

Sebagian dari panen terongnya

Satu pot lagi, pohon terong barengan sama kangkung dan mint juga bibit melon he he. Sejauh ini sih baik-baik saja, bahkan mintnya paling mendominasi seger daunnya besar-besar dan subur sekali. Terongnya yang semula keserang keriting daun gitu berangsur mulai hidup normal dan mulai berbunga.


Satu pot lagi bibit melon, pohon tomat (yang saya semai itu bertahan satu saja), pohon mint, dan kangkung. Btw kangkung-kangkung yang hanya satu dua pohon ini hanya sisa dari batang kangkung sisa sampah dapur yang aku tanam ya. Jadi bukan yang aku tanam dari benih kangkung. Sejauh ini yang paling mendominasi malah bibit melonnya, bismillah semoga sampai berbuah ya melonnya.


Sejauh ini polikultur yang paling ngawur ya 3 pot ini, kebetulan letaknya sangat bermandikan cahaya matahari jadi pertumbuhannya semoga baik sih. Kalau yang lain ada pohon alpukat yang saya tanam campur pohon andong dan pohon katuk. Ujung-ujungnya karena mau gedein alpukat, pohon yang dua lagi saya cabut he he. Sebenarnya banyak di pot lain yang campur-campur gini, soalnya kadang saya asal tancap tanaman asalkan masih ada lahan kosong di pot-pot saya.


Oke gitu aja sedikit soal tanaman campur aduk di kebun saya, selamat berkebun semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun