Jumat, 23 September 2022

APEL PUTSA, KABAR STEK DAN SAMBUNG PUCUK

Jadi kemarin pas tanggal 21 Agustus itu saya petik buah putsanya. Karena saya lihat buahnya itu kekuningan gitu dan mulai ada cokelat-cokelat kulitnya. Saya takut kalau busuk seperti beberapa buahnya yang masih kecil dan terserang kutu putih itu. 

Apel putsa
 

Buahnya memang tidak begitu besar, tetapi lumayan sih. Karena pohonnya sendiri itu masih kecil banget ya masih segede pensil mungkin. Jadi waktu berbuah banyak itu pun saya seleksi buahnya takut nggak bisa besar semua, bahkan malah pada gugur karena kutu putih atau entah apa. Bakal buahnya cukup banyak saat itu, hampir sepanjang tangkai di setiap daun muncul gerombolan bunga. Tetapi paling besar ya yang saya petik ini dan bisa dimakan.


Ternyata tektur daging buahnya itu empuk berair, manis walau tidak begitu manis dan agak sepet-sepet dikit. Saya pikir apa kurang mateng ya, tapi takut aja sih kalau sampai busuk seperti yang kecil-kecil itu. Saya pikir tektur daging buahnya seperti apel yang agak keras kriuk gitu ternyata lebih empuk. 


Oh iya yang kemarin saya sambung pucuk kepohon bidara laut itu enggak jadi. Jadi batang putsanya itu mengering enggak mau tumbuh tunasnya, akhirnya saya cabut. Dan ya pohon bidaranya sementara saya biarkan tumbuh dulu. Nantinya mau saya coba untuk sambung pucuk lagi semoga berhasil.  


Oh iya soal sambung pucuk alpukat juga gagal he he. Sambungannya jatuh mengering juga, ya sudah saya coba sambung pucuk lagi di cabang yang lain semoga bisa. Kemudian untuk stek pucuk alhamdulilah sepertinya ada yang berhasil yaitu stek pucuk pohon jambu. Sampai sekarang sih daunnya masih hijau umur steknya sudah sebulanan. Saya lihat-lihat akar sudah nampak dari luar gelas plastiknya. Dan saya sudah lepas karet sungkupnya. Stek pohon satunya lagi juga gagal tetapi ya enggak apa-apa sih, masih bisa saya coba lagi kapan-kapan. Menunggu cabang pohonnya siap, karena pohon yang itu juga masih baru saya beli bibitnya kok ya nekat saya stek pucuk. 

Stek pucuk jambu Dalhari
 
Oh iya maaf akhir-akhir ini saya belum bisa menampilkan foto-fotonya karena laptop saya masih rusak keyboardnya belum saya benerin. Jadi baru ini saya bisa upload beberapa foto. Keybordnya itu suka lari-lari sendiri enggak tau kenapa, kadang ngedelet kalimat sendiri, kadang ngeblok semua tulisan sendiri, kadang naik turun kursornya sendiri, pokoknya kacau deh makanya kudu super sabar pas ngetik tulisan ini. Jadi takut aja kalau pake buat foto-foto takutnya jadi kacau kalau mau ngopi atau apa.


Oke segitu aja ceritanya, dan stek atau sambung pucuk nantinya pada berhasil dan hidup bibitnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun