Selasa, 20 Juli 2021

Roti Sisir Lembut Berserat

Hari ini saya bikin roti manis lembut dari resepnya Devina Hermawan. Udah lama saya pengin membuat roti tawar tapi manis dan lembut. 

Jadi dulu tuh pernah ada kawan yang membeli roti bentukannya mirip roti tawar gitu polos dan besar serta dipotong-potong tipis. Tapi saat saya makan tuh lembut banget dan sudah manis. Roti itu produk roti di Jogja sini tetapi saya kesulitan mendapatkan rotinya karena mungkin yang jenis itu hanya ada di toko rotinya. Karena saya juga tidak tahu pasti tempat toko rotinya. Nah karena kawan saya pernah kerja di sana, jadi tahu kalau ada roti jenis itu. Simpel, lembut dan enak banget saking lembutnya. Kemarin sudah nyimpen dan lihat-lihat resep roti tawar cakep di youtube tetapi entah kenapa saya tertarik dengan bentukan roti manis lembut punya mbak Devina ini. Jadinya saya bikin roti ini saja.

Bahannya: 

  • Starter: 200 gr tepung terigu, 150 gr air, 5 gr ragi, 55 gr gula pasir.
  • Dough: 175 gr tepung terigu, 30 gr susu bubuk, 3 gr ragi, 3 kuning telur, 45 gr susu cair, 45 gr  mentega, 5 gr garam.
  • Olesan: 100 gr gula halus, 100 gr margarin.
  • Olesan roti sebelum dipanggang: 1 kuning telur, 1 sdm air.

 


Cara membuatnya:

•    Buat dulu bahan starternya, campurkan semua bahan lalu aduk rata, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan starter ini mengembang sempurna, ketika dibuka biasanya nempel di penutup dan adonan jadi berongga-rongga atau berserat. Saya menutup adonan dengan kain bersih lalu saya tutup rapat dan mengikatnya dengan karet pada wadahnya. Serta airnya saya campur air panas sedikit jadi hangat-hangat kuku, lalu campur dengan ragi dan gula dulu aduk rata baru campur dengan terigunya.

•    Setelah adonan starter jadi maka siapkan adonan kedua (dough), campur semua bahan dough kecuali garam dan mentega. Garam dan mentega ditambahkan setelah adonan tercampur dengan baik. Setelah adonan/dough tercampur lalu ambil adonan starter dibagian pertama tadi lalu campurkan, uleni hingga kalis di meja bersih atau alas apa saja yang bersih. Biarkan sampai kurang lebih 10 menit, jika tangan dan meja lengket bisa diolesi pakai minyak sayur sedikit. Lalu tambahkan mentega dan garam sedikit tadi, uleni hingga kalis lagi. Setelah kalis lalu bagi adonan jadi beberapa bagian, dari resep sekitar 20 bagian.

•    Masing-masing bagian dibulatkan, kemudian bulatan tadi dipipihkan, kemudian dilipat jadi dua membentuk setengah lingkaran. Kemudian ditaruh di loyang yang telah dioles margarin. Susun semua adonan sampai habis, saya jadi 2 loyang. Loyang bulat dan loyang kotak. Kemudian diamkan adonan dengan ditutup kain atau plastik bersih sampai mengembang kembali. Jika sudah mengembang sekitar 30 menit atau lebih kemudian siapkan oven panaskan disuhu 170 derajat celcius. Olesi adonan tadi dengan campuran kuning telur dan air, sampai habis. Jika sudah maka panggang selama 30 menit, atau sampai atas roti kecoklatan dan matang sesuai oven masing-masing.

•    Jika sudah matang angkat dari oven, kemudian keluarkan dari loyang.  Untuk olesan roti campur margarin dan gula halus aduk rata sampai gula larut. Siap digunakan sebagai olesan roti. Roti sisir ini memang hasilnya tidak terlalu manis jadi butuh olesan tadi. Tapi jika suka juga bisa dimakan dengan olesan selai sesukamu sih. 


 

Hasilnya memuaskan saya suka, lembut banget rotinya. Anak saya saja langsung suka katanya seperti roti-roti di toko roti gitu, karena saya membiarkan adonan berfermentasi dengan baik dengan raginya. Karena tadi pas membentuk adonan anak saya juga ikutan membantu. Karena tadi kayak slime gitu jadi dia ingin ikutan juga membantu membuat bentuknya. Kuncinya sepertinya di starter yang mengembang berongga berserat-serat itu tadi. Milik saya starternya juga plek sama seperti bentukan adonan starter di resepnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun