Minggu, 11 Juli 2021

Prol Tape Keju

Tanggal 6 juli 2021 kemarin saya mencoba resep prol tape keju panggang dari youtube milik Dapur Umi. Semula karena di rumah lagi banyak tape singkong maka saya sengaja mencari resep yang bisa dibuat. Biasanya saya memakan tape begitu saja atau membuatnya jadi minuman.


Bahannya:
•    300 gr tape singkong (buang sumbunya
•    100 gr gula pasir
•    ½ sdt garam
•    3 butir telur
•    100 ml air matang
•    1 sachet susu bubuk
•    75 gr margarin dilelehkan
•    50 gr keju parut
•    1 kuning telur untuk olesan
•    Keju parut secukupnya untuk toping
 

Cara membuatnya:

Bersihkan tape singkong dari sumbunya, pilih juga tape yang bagus ya bukan yang kecut atau bahkan ada yang belum jadi. Kemudian lumat tape ini dengan sendok atau garpu sampai lembut. Kemudian masukkan gula pasir dan garam aduk kembali hingga rata. Panaskan oven untuk memanggang prol tape ini.


Oh iya, diresep ini juga saat saya membuatnya takaran tapenya saat itu hanya kira-kira saja karena tidak punya timbangan juga. Jadi gula pasir juga sesuai selera saja dikira-kira karena tape saat itu sudah cukup manis.


Setelah adonan lembut masukkan tepung terigu aduk kembali hingga tercampur rata. Larutkan susu bubuk dalam air, aduk dan sisihkan. Masukkan telur dalam adonan tape tadi, tuangkan susu, dan margarin yang sudah dilelehkan tadi, aduk semua bahan sampai tercampur rata. Jiak sudah rata, teksturnya seperti adonan untuk membuat apem. Saya ingat saat membuat apem di kampung dulu mirip sekali adonannya begini. Kemudian terakhir masukkan keju parut dalam adonana dan aduk sampai rata lagi. 


Alasi loyang dengan kertas roti. Jika tidak ada pakai olesan carlo yaitu adonan minyak goreng, margarin dan tepung terigu dengan perbandingan yang sama. Saya juga baru sekali ini pakai olesan carlo dan hasilnya bagus beneran. Roti langsung plung keluar dengan mudah dan mulus. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah disiapkan tadi, ratakan bagian atasnya. Kemudian beri taburan parutan keju separo saja, lalu panggang selama 30 menit. Setelah 30 menit angkat olesi dengan kuning telur dan taburi dengan sisa keju parut, panggang kembali selama 30 menit.

Saya memanggang prol tape di api sedang selama 60 menit di rak tengah, baunya enak banget pas dipanggang. Saya suka tape sih soalnya he he. Kemudian saya tambah 20 menit lagi di rak atas agar bagian atasnya kecoklatan bagus. Setelah itu angkat, keluarkan dari loyang dan siap dihidangkan. Hasilnya enak banget, jadi saya kadang suka jajan kue-kue gitu dan kadang saya beli kue berasa tape begini tetapi menurut saya hasilnya lebih enak ini. Kalau menurut saya kue itu juga prol tape, tapi potongannya lebih tipis dan lebih berasa tape aja tanpa toping keju. Lebih enak karena prol tape di resep ini lebih basah, berasa keju dan susu juga jadi lebih legit rasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun