Minggu, 11 Juli 2021

Roti Boy

Tanggal 3 juli 2021 kemarin saya membuat roti boy dari resep di youtube Atha Naufal. Untuk bahannya sebagai berikut:

•    1 sdt ragi instan
•    1 sdt gula pasir
•    100 ml air hangat
•    250 gr tepung terigu
•    3 sdm gula halus
•    2 kuning telur
•    sejumput garam
•    ½ sdt SP
•    1 sdm margarin


Untuk bahan topingnya :
•    60 gr gula halus
•    50 gr margarin
•    60 gr tepung terigu
•    1 sdt kopi instan
•    1 sdt pasta mocca/ cokelat bubuk
•    Margarin secukupnya untuk isian roti
 


Cara membuatnya:

Siapkan wadah/ gelas, tambahkan air hangat 100 ml kemudian masukkan gula pasir dan ragi instan. Aduk hingga gula dan ragi larut, tutup wadah diamkan sebentar sekitar 5 menit. Jika air bagian atas sedikit menggumpal dan berbuih itu tandanya ragi masih aktif siap digunakan.


Siapkan tepung terigu, gula halus, susu bubuk, kuning telur dan ragi yang dilarutkan tadi, kemudian aduk hingga adonan sampai tercampur rata. Jika dirasa adonan kering bisa tambahkan 1-2 sdm air putih hangat, uleni kembali sampai kalis tambahkan sejumput garam, SP dan margarin lalu uleni kembali sampai kalis. Jika sudah bulatkan adonan kemudian taruh di wadah tutup dengan kain bersih atau plastik wrap, diamkan 40-60 menit sampai adonan mengembang.

Sementara itu siapkan bahan topingnya, campur gula halus dan margarin. Kemudian aduk rata, tambahkan tepung terigu, 1 putih telur, kopi instan aduk kembali sampai tercampur rata. Kemudian masukkan pasta mocca atau tepung cokelat, aduk kembali sampai rata, jika sudah masukkan adonan dalam plastik segitiga, sisihkan.


Adonan roti yang sudah didiamkan selama 40-60 menit tadi jika sudah mengembang lalu kempiskan uleni sebentar lalu bulatkan. Kemudian bagi adonan menjadi 10-11 bagian, dan bulatkan masing-masing adonan itu. Jika sudah selesai masukkan isian margarin ke dalam masing-masing adonan. Caranya masukkan margarin suhu ruang dalam plastik segitiga agar mudah untuk ditambahkan di adonan roti. Secukupnya saja jangan terlalu banyak, bungkus kembali hingga tidak ada lubang. Adonan yang sudah diisi taruh di loyang yang sudah diolesi margarin. Diamkan lagi selama 40 menit dengan ditutup kain bersih sampai adonan mengembang. Siapkan oven panaskan dulu untuk memanggang nantinya.


Setelah 40 menit kemudian beri toping dengan menyemprotkan adonan toping dengan rapi membentuk lingkaran sampai menutup seluruh atas roti saja. Nantinya saat dipanggang adonan toping ini akan meleleh dan menutup dengan baik si roti. Setelah itu panggang di oven suhu 180 derajat celsius selama 20 menit atau sampai matang sesuai oven masing-masing. Jika toping sudah mengeras biasanya roti sudah matang, jika suka lebih toping lebih krispi bisa dipanggang lebih lama. Roti siap disajikan, gampang sekali bukan.

Saat memanggang 10 menit pertama toping sudah meleleh dan menutupi roti, tapi saya kasih topingnya kurang banyak jadi tidak menutup penuh sampai bawah. Padahal sisa topingnya masih banyak, sepertinya saya melubangi plastik terlalu kecil jadi kurang banyak adonan yang keluar. 20 menit kemudian karena saya memanggang langsung 2 loyang saya tuker loyangnya yang tadinya di bawah saya taruh atas, dan sebaliknya. Tapi saat saya pindahin toping masing belum mengering banget jadi saya tambah 15 menit lagi, sampai sesuai keinginan. Baunya enak banget pas dipanggang, campuran kopi dan cokelat.

Dan apa? Eh gas kompor tiba-tiba habis dong haduuuh karena saya tidak bisa memasang gas maka saya menunggu suami sampai rotinya yang saya diamkan di oven agak dingin, sedih deh. Kemudian saya panggang 25 menit lagi setelah gasnya kembali nyala. Meskipun begitu karena saya tidak pakai api besar toping keras ini tidak bertahan lama. Maka paginya saat saya mau makan saya panasin di oven lagi sebentar hasilnya semakin enak karena rotinya masih hangat. Pas tak tunjukin ke kakak saya, dia bilang agak digosongin sedikit topingnya biar krispi gitu he he ya besok lagi saya coba soalnya rotinya sudah habis aja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun