Sabtu, 19 Desember 2020

HAKAU

Ada 2 makanan yang pengin tapi belum pernah makan, sepertinya sih rasanya ya biasa saja, tapi kelihatannya tuh enak banget jadi kepingin. Seringnya lihat di jalan ada juga yang jual. Karena belum jadi beli malah lihat di youtube ada cara membuatnya jadi pengin buat sendiri aja.

 

sebelum dikukus

Bahan kulit hakau :
250 gr tepung tang mien
125 gr tepung tapioka
½ sdt garam, bisa ditambah sesuai selera
1 sdm minyak goreng
500 ml air panas

Cara membuat kulitnya:
Campur semua bahan dalam wadah (jangan wadah plastik ya, karena mau ditambahkan air panas). Kemudian tambahkan air panas tadi, aduk merata dengan sendok jangan pakai tangan langsung karena cukup panas. Biarkan adonan agak dingin kemudian uleni kalis (tidak menempel) hingga tercampur dengan benar tidak ada buliran tepung menggumpal lagi. Kemudian ambil sedikit dan gilas tipis. Sebelumnya taburi tempat menggilas dengan minyak goreng sedikit atau tepung tapioka tadi agar tidak lengket. Cetak dengan bulatan apa saja, saya memakai tutup toples kecil, sisihkan sampai adonan habis jika hendak dibuat semua. Jika tidak potong adonan tadi seukuran satu kulitnya dan simpan di freezer, bisa dipakai kapan-kapan.

Bahan isian:
Untuk isian ada yang hanya memakai potongan udang dan tepung tapioka beserta bumbu. Sedang saya memakai resep yang isiannya udang, wortel, daun bawang, tepung maizena dan bumbu.

400 gr udang dikupas, potong kecil-kecil
100 gr wortel diparut kasar / dipotong tipis
100 gr daun bawang dipotong-potong
3  sdm tepung maizena
Bawang putih, garam, lada dan penyedap secukupnya
Bisa ditambahkan minyak wijen dan kecap asin sedikit jika suka

setelah matang

Campur semua bahan isian, kemudian masukkan sedikit bahan isian ke kulit hakau tadi. Lipat (seperti foto hakau saat mentah) dan tutup rapat jangan sampai ada celah. Sisihkan sebanyak yang kalian mau kemudian kukus 30 menit atau hingga matang. Sebelum meletakkan hakau di pengukus, lebih dulu lumuri kukusan dengan minyak goreng sedikit agar tidak lengket hakaunya saat matang. Saat panas hakau masih sedikit lembek atau empuk, saat lebih dingin akan lebih mengeras (dalam artian lebih mudah dipegang tidak lengket lagi). Tapi lebih enak dimakan saat hangat sih, sajikan dengan saus sambal.

2 komentar:

  1. wah rasanya pasti enak ya mba ada udang dan sayur mayurnya, aku jadi pengen hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb enak kok, coba saja membuat jika sempat mba
      makasih seudah berkunjung :)

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun