Selasa, 23 September 2014

Mimisan

Anak saya pernah mimisan, dan semalam kembali mimisan. Semalam badan anak saya agak panas, bahkan sebenarnya sudah dari kemarin. Saya kira mungkin hanya mau flu badannya menjadi hangat. Ternyata karena aktivitas seharian yang padat jadi mungkin kurang istirahat jadi kecapekan. Hal ini juga pernah terjadi, dan sejauh yang saya tahu mimisan tidak berbahaya selama tidak terlalu lama atau terlalu sering mimisan.

Ketika anak anda mimisan ( atau istilah medisnya epistaksis) tidak perlu panik. Mungkin habis dikorek - korek hidungnya sehingga mimisan, atau terlalu sensitif dengan udara sekitar. Apalagi sekarang cenderung udara sangat kering dan berdebu. Bisa juga hidung trauma karena benturan atau jatuh sehingga pembuluh darah di hidung yang sensitif pecah. Tetapi ada juga mimisan yang merupakan indikasi penyakit tertentu misalnya saja demam berdarah dll. Langkah yang mudah dilakukan ketika anak anda mimisan antara lain :
  • Bersihkan hidung yang berdarah dengan kapas atau tisu yang lembut.
  • Usahakan posisi anak anda berdiri tegak atau tidak menunduk sehingga darah akan cepat berhenti mengalir.
  • Carilah daun sirih dan gulung salah satunya setelah lebih dulu dicuci / dibersihkan, kemudian masukkan / tutup ke hidung yang berdarah hingga darah berhenti mengalir. Cara ini terbilang sangat tradisional tetapi selama ini cara ini bagi saya dan keluarga cukup berhasil.
Demikian semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun