Minggu, 08 Desember 2019

Bisakah Diet Sehat Menggantikan Obat

Hidup di kota besar dan aktifitas yang padat membuat orang mudah terkena stres, dari yang sekedar mood yang berubah-ubah atau bisa sampai dalam kondisi depresi. Kadang orang malas jika ketergantungan pada atau malas konsultasi ke psikolog atau psikiater yang mahal maka orang akan mencari alternatif lain. Misalnya dengan mengakali makanan yang kita makan sehari-hari untuk mengatasinya.

Jadi makanan seperti apa yang seharusnya kita makan? menurut penelitian pada diet gaya Mediterania mengutamakan makanan seperti buah dan sayuran, minyak zaitun, yogurt dan keju, kacang-kacangan, makanan laut, gandum utuh dan sedikit porsi daging merah. Makanan diet ini akan menyediakan cukup nutrisi untuk otak, juga mendukung bakteri baik di perut. – demikian kurang lebih menurut Dr. Mosconi penulis Brain Food: Surprising Science of Eating for Cognitive Power.

Bisakah diet yang baik menggantikan terapi obat? Tidak (dalam artian belum tentu selalu berhasil) bagi semua orang. Tetapi orang dengan resiko depresi harus memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. “Itu tidak masalah jika kamu butuh Prozac atau tidak. Kami tahu otakmu butuh nutrisi.” Ujar Dr. Ramsey. Diet sehat mungkin  berhasil meskipun ketika treatmen gagal. 

Apa yang seharusnya kamu makan untuk mengatasi depresi?
Para ahli mengatakan penting untuk makan yang seimbang, diet gaya Mediterania. Tetapi beberapa nutrisi sebagian cukup membantu. Di bawah ini beberapa contohnya, dan makanan mana saja yang menyediakan nutrisi itu.

DHA: lemak omega-3 utama di otak. Dibutuhkan untuk memproduksi BDNF (Brain derived neurotrophic factor), sebuah hormon yang melindungi neuron dan menunjang terbentuknya sel otak baru. 

Sumber makanannya antara lain : Salmon, kerang, ikan mackerel, dan lainnya jenis makanan laut. Untuk mendukungnya perlu makanan dari golongan prebiotik sumbernya: Bawang merah, bawang putih,  asparagus, pisang, dan gandum. Sedangkan dari sumber Probiotik: yogurt, kimchi atau fermentasi sayuran lainnya, mentimun dan wortel.

Untuk menekan kondisi depresi juga dibutuhkan banyak vitamin B6 setiap harinya. Sedikitnya serotonin berhubungan dengan kondisi depresi. B6 yang tercukupi membantu untuk menciptakan suasana hati dan juga tidur yang baik. 

Sumber makanannya antara lain : bawang putih, salmon, tuna, daging ayam, bayam, kol, pisang, kentang manis, apukat, dan gandum utuh. (sumber tulisan: Elizabeth Bernstein)
Mungkin kalau di negara kita mencukupi dengan nasi untuk menggantikan gandum karena sebagian besar  makanan utamanya lebih ke nasi bukan kentang atau gandum. 

Saya tahu jika saya bukan seorang ahli makanan. Tetapi kondisi saya memaksa saya untuk mencari tahu makanan seperti apa untuk menolong ketika saya stres atau misalnya sampai saya depresi. Saat saya mencari-cari makanan apa yang kira-kira bisa membantu kondisi tubuh saya itu, atau kalau boleh untuk menolong saya tanpa menggunakan obat maka saya menemukan tulisan di atas. Itu memang hanya sebagian dari tulisan tersebut, toh saya juga mencantumkan siapa penulisnya. Memang itu cara mengatasi kondisi itu, melalui makanan yang saya makan juga hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun