Selasa, 04 Desember 2018

Sejarah Agama-Agama

Sejarah Agama-agama
Buku Sejarah Agama-Agama

Judul: Sejarah Agama- Agama
Penulis: Prof. Allan Menzies, D.D
Cetakan: 2017
Penerbit: Forum
Tebal: 516 Halaman

Melalui buku ini, Allan Menzies mencoba melacak akar sejarah perkembangan agama-agama di dunia, dengan menampilkan subjek-subjek yang terkait dengan studi tersebut secara keseluruhan, dan juga untuk menunjukkan poin-poin utama yang memungkinkan agar setiap sistem besar yang pernah dan masih ada di dunia ini bisa dipahami dengan baik.  

Allan Menzies (penulis buku ini) meninggal tahun 1916, dan buku ini ditulisnya terbit pada tahun 1895. Tetapi peninggalannya ini saya yakin masih bermanfaat untuk saat ini.

Pada bab-bab awal buku ini secara garis besar menjelaskan asal mula munculnya sebuah agama. Obyek pemujaan paling awal dan perkembangannya. Kemudian berlanjut ke bab-bab selanjutnya mengenai agama-agama dari beberapa negara. Kemudian agama-agama dari beberapa kelompok bangsa. 

Untuk memahami definisi masa sekarang, untuk memahami sesuatu itu berarti mengetahui bagaimana segala sesuatu bermula; yakni dengan mempelajari setiap fenomena sejarahnya dan kemudian melacak sampai ke akar-akarnya (halaman: 7)

Disini penulis menarik kesimpulan dengan menyajikan berbagai sejarah yang sudah ada dan bisa dicari tulisan-tulisan tentang itu lainnya jika hendak membandingkannya. Memang di sini minim sekali data berupa angka yang disajikan, tetapi saya yakin juga melalui penelitian dan riset data yang benar.

Salah satu yang saya jadikan contoh di sini mengenai sejarah kemunculan agama Islam sendiri. Dari yang saya ketahui masih sama dan sesuai dengan yang saya baca selama ini tanpa menyalahkan yang berlebihan. Dia juga menuliskan kekurangan masing-masing agama tersebut di bagian lain, jadi cukup adil menurut saya. Coba bandingkan dengan tulisan Sadanand Dhume dalam salah satu bukunya yang menurut saya terlalu berlebihan menilai dan mengambil kesimpulan yang dangkal tanpa data jelas, meskipun misalnya tulisan Dhume itu hanya catatan perjalanan sekalipun toh tulisannya dibukuikan juga dan bisa dibaca umum. Mungkin latar belakang Dhume yang seorang wartawan sangat berbeda dengan latar belakang akademisi seperti Allan Menzies.

Demikian sekilas tentang buku ini, selamat bekerja dan beraktivitas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun