Senin, 05 September 2016

Saat Buat Ebilling Pajak

Saya setiap bulan sebagai warna negara yang baik selalu bikin laporan pajak, sejak ada ebiling saya juga bikin ebilling pajak lewat internet. Yang membuat saya bertanya-tanya adalah kenapa hal ini selalu terjadi.

Jadi setiap saya memasukkan kode NPWP kemudian memasukkan pin melalui situs pajak itu selalu saja logout berkali- kali. Sudah input pin begitu lagi begitu lagi. Tulisannya, anda sudah idle selama 20 menit, untuk keamanan anda bla bla bla...(seperti gambar di bawah ini) yang bikin nggak aman tuh siapa sebenarnya? Saat saya masukkan nomer NPWP dan pin di kotak itu juga nggak bisa harus masuk dari awal yang ada gambar gembok besar itu.

Setelah beberapa kali mungkin 5 kali lebih akhirnya bisa masuk ke situs itu, kemudian saya mulai input data, dan setelah itu disimpan itupun tidak bisa langsung bisa disimpan, masih seperti tadi itu, logout sendiri lagi. Sudah begitu kemudian hilang datanya, terpaksa input ulang, begitu simpan ilang lagi hadeeh.



Biasanya, habis input kemudian lanjut print atau simpan itu ebilling dalam file pdf tersimpan di komputer download. Ini terjadi berkali-kali, bulan-bulan kemarin juga begini, tidak berubah. Memang di situs yang baru dibutuhkan E-fin, dan saya memang belum mengaktifkan E-fin yang dimaksud jika itu penyebabnya. Masalah seperti ini saat saya tanyakan ke beberapa teman saya ternyata mereka juga mengalami hal yang sama setiap bulan, karena kami sama-sama masih melalui situs sse.pajak.go.id.

Dan iya satu lagi, itu menu Logout warnanya hampir sama dengan warna biru dari warna latarnya, jadi enggak begitu kelihatan. Coba kalau tulisan Logout itu warna putih atau kuning di latar warna biru tua pasti lebih kelihatan.

update 12/06/2017
lebih mudah membuat ebilling lewat web pajak versi 2 ke www.sse3.pajak.go.id, jika sudah punya user dan nomer pinnya sudah bisa membuat ebilling. Lebih cepat dan sudah minim error webnya. 

2 komentar:

  1. Fasilitas untuk cek NTPN hanya bisa di sse.pajak.go.id tidak ada di sse2 dan sse3. Untuk saat NTPN tidak bisa input sewaktu NTPN bank tidak diauki server pajak, harus berulang-ulang-ulang kali ke sse.pajak.go.id dan mendapat IDLE error yang menggemaskan sampai berhasil NTPN terlihat ada di server dan bisa di-input di aplikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, makasih untuk tambahannya, semoga sukses buat ebilingnya, kalau sekarang sepertinya sudah lancar.

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun