Jumat, 09 September 2016

Cerita Gelap Edgar Allan Poe

Judul: The Black Cat & Other Story
Penulis: Edgar Allan Poe
Penerbit: Noura Books
Penerjemah: Shinta Dewi
Cetakan: Mei 2016
Tebal: 378 Halaman


Buku yang bersampul gelap dengan gambar kucing inilah yang saya baca kali ini. Buku Poe ini sepertinya buku Poe pertama yang saya baca. Dan tanpa sengaja saya juga memiliki bukunya tentang Auguste Dupin yang semula saya ragu untuk membacanya, tetapi setelah membaca kisah detektif Dupin di buku ini, saya jadi ingin segera membacanya juga.

Siapa yang tidak mengenal sosok Edgar Allan Poe? Karya-karyanya menginspirasi para penulis cerita misteri terkenal seperti Agatha Christie hingga Sir Arthur Conan Doyle. Ide dan gaya penceritaan yang begitu unik, suram, dan menekankan deskripsi yang kuat, membuat pembaca seakan mengalami sendiri kisah yang dilakoni tokoh utamanya.

Demikian tulisan di buku tersebut. Ya, sepertinya setelah membaca buku Agatha yang ini saya jadi tahu, ternyata memang cerita-cerita Edgar Allan Poe menginspirasi tulisannya. Kalau tidak salah di cerita Kucing Hitam sendiri saya melihat sedikit persamaan cerita keduanya.



Di cerita pembunuhan di Rue Morgue yang mengerikan, dimana dua wanita yang meninggal dengan keadaan mengerikan saat ditemukan dan petunjuk yang mengarah ke pembunuh sangat-sangat minim. Yang satu tersangkut dicerobong asap yang sempit yang satu lagi termutilasi dengan sangat mengerikan. Bahkan para saksi yang dimintai keterangan juga membingungkan. Saat membacanya saya juga ikut-ikutan menebak siapa pembunuhnya. Tetapi, Edgar allan Poe memberi kejutan yang membuat saya langsung ngeri membayangkan bagaimana kematian keduanya. Saat membaca cerita ini saya jadi ingat sebuah film, ya tetapi dengan cerita yang lebih gelap dan nyata.

Cara bertuturnya saya kira seperti mengisahkan cerita nyata, atau setidaknya memang ada kisah nyata yang misterius yang benar-benar terjadi. Dan yang menyenangkan adalah terjemahannya benar-benar enak dibaca apalagi karena disini cerita Poe lebih banyak deskripsinya.

Pokoknya tidak rugi membaca cerita-ceritanya yang sangat bagus. Dibagi dalam dua bagian cerita, dengan tetap nuansa gelap dan misterius. Sebenarnya saya tertarik karena gambar kucingnya dari awal saat melihat buku ini. Tetapi setelah membacanya, saya tidak salah pilih buku.

Demikian sobat semoga bermanfaat, sekilas tentang buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun