Rabu, 28 Januari 2015

CARA MENGATASI SAKIT GIGI

Sakit gigi itu tidak enak banget, kalau kata kawan saya rasanya sudah kayak kiamat. Mau mengerjakan apapun jadi tidak bisa lagi. Apalagi jika sakitnya sudah sampai ke saraf kepala sakitnya bukan main. Mau tidur juga tidak bisa, apalagi aktifitas yang lain. Sakit gigi bisa dikarenakan gigi yang berlubang, atau gigi yang sehat yang mulai berlubang, atau karena infeksi lain. Mungkin dokter gigi yang lebih mengetahuinya. Saya sendiri juga pernah mengalaminya. Semenjak saya memiliki anak gigi saya mulai bermasalah, karena waktu hamil dulu kurang mengkonsumsi obat untuk tulang itu dan berkali - kali muntah setiap harinya. Bagi yang sering sakit maag atau sering muntah pasti giginya sedikit bermasalah. Asam ini mungkin yang cepat mengikis gigi.

Saat sakit gigi dulu saya kebingungan sekali, dari berkumur air garam tidak mempan. Lalu mencoba berkumur dengan mouthwash malah semakin sakit. Saya coba kasih minyak angin malah panas saja pipinya. Berkumur dengan air rebusan daun sirih juga tidak mengurangi sakitnya. Pakai koyo cabe malah kepanasan saja kulitnya. Karena sebelumnya saya belum pernah sakit gigi, kecuali pas waktu kecil.

Tips mengatasi dan mencegah sakit gigi :

  • Jangan makan atau minum yang terlalu manis, atau jauhi makan dan minuman manis terlebih dahulu mungkin untuk sementara selama sakit gigi saja.
  • Jangan minum air es atau air dingin dari pendingin, termasuk juga makanan yang didinginkan seperti buah atau kue termasuk cokelat. Ini terutama bagi yang biasa atau suka menyantap makanan atau minuman yang panas.
  • Setelah makan atau minum panas jangan langsung minum air es, ini terjadi saat kita makan bakso atau makan soto yaang pedas kita otomatis memesan minuman es. Bagi saya ini awal mula rusaknya gigi. Kebiasaan orang- orang di tempat makan yang sering saya lihat juga demikian. Jadi sekarang jika memesan minum es maka dengan es yang sedikit saja atau minum hangat sekalian.
  • Berkumur dengan air putih setelah minum manis jangan biarkan mulut dalam keadaan manis sisa makanan atau minuman, terutama ketika akan tertidur atau beraktifitas.
  • Sikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan.
  • Jangan terlalu sering sikat gigi karena akan menambah sakit gigi.
  • Jangan terlalu sering berkumur dengan mouthwash karena pernah suatu ketika saya menggunakan mouthwash agak berlebihan justru gigi saya sakit semua, bahkan gigi yang sehat sekalipun. Pada saat puasa maksudnya agar bau mulut fresh justru gigi yang sehat ikutan sakit, ternyata harus hati-hati pilih mouthwash, kandungan alkohol mouthwash katanya bisa merusak gigi.
  • Jangan gunakan tusuk gigi jika membersihkan gigi, seringnya kayu tusuk gigi ini keras bisa melukai gusi dan menyebabkan infeksi. Lebih baik berkumur atau gosok gigi sekalian.
  • Jika sakitnya sudah tidak tertahan minumlah obat penghilang rasa sakit, saya pernah menggunakan obat Cataflam untuk sakit gigi. Sebenarnya untuk gusi bengkak tetapi dalam beberapa jam sakit gigi langsung hilang. Lumayan bisa tidur sejenak dengan nyenyak. Jangan banyak - banyak gunakan seperlunya saja.
  • Jika belum sembuh juga, segeralah ke dokter gigi dengan begitu sakit giginya segera dapat ditangani.
Demikian semoga bemanfaat, semoga lekas sembuh.

6 komentar:

  1. kalo pake obet pereda rasa sakit, sifatnya sementara banget Mbak.

    BalasHapus
  2. begitu pun kalo ke dokter gigi pas gigi sakit, pasti obatnya ponstan atau lainnya.
    mending ke dokter gigi kalo pas sehat, jadi sifatnya antisipatif sih

    BalasHapus
  3. saya ngopi sambil makan klepon disini boleh?

    BalasHapus
  4. Pak Zach : iya pak obat bekerjanya hanya beberapa jam saja tergantung dosisnya, tapi kalau sakitnya sudah tak tertahankan itu sangat membantu pak :)
    oh iya ponstan katanya juga bisa ya pak, tapi saya belum pernah minum, jgn pernah juga ding hehe
    Silahkan pak boleh banget :)

    BalasHapus
  5. Mantap sekali,
    terimakasih mbak

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun