Selasa, 04 Agustus 2015

Wisata Pantai dan Cemara Udang

Buah Cemara Udang

Liburan Lebaran kemarin saya sempat mampir ke Pantai Glagah di Kulon Progo. Sambil selonjoran di dekat laguna menunggui anak saya yang naik perahu (membayar sekitar Rp 5.000 saja bisa keliling laguna) saya sempat jepret sana sini termasuk menemukan buah dari pohon cemara udang. Saya kira semula itu bunga karena bijinya saya cari-cari tidak ada. Cuaca sejuk di pinggir laguna yang banyak pohon cemara udang ditambah angin laut yang berhembus sepoi-sepoi sukses membuat saya ngantuk.


Memang cukup banyak pohon ini di sepanjang pantai daerah Kulon Progo. Bahkan beberapa telah menjadi tempat wisata baru seperti Pantai Kuwaru, Pantai Baru yang berada di Bantul maupun Pantai Bugel, Trisik, Glagah dan lainnya di Kulon Progo. Di Pantai Glagah selain bermain air di pantai, naik perahu bisa juga melihat-lihat pemecah ombak hingga memancing di sepanjang sungai yang menuju ke laut. Tiket masuk ke wisata pantai Glagah juga cukup murah meriah. Anak-anak yang ingin bermain di pinggir laguna yang berair tidak begitu dalam juga disiapkan pelampung serta aman karena dalam pengawasan. Setelah puas bermain kalau lapar di sepanajng laguna dan pantai banyak warung makan penjual berbagai makanan dan olahan ikan seperti di pantai Depok.

Pohon Cemara Udang di Pantai Trisik

Pohon cemara udang ini semula banyak terdapat di pantai Kuwaru saat itu, tetapi ternyata akibat abrasi yang cukup tinggi rimbun pohon cemara udang itupun lenyap. Seiring dengan itu wisata Kuwaru yang kemunculannya sempat sangat ramai juga menghilang dan beralih ke pantai di sebelahnya yaitu pantai Baru. 

Selain menahan angin laut yang berguna petani di lahan pasir ternyata juga bisa menyuburkan tanah. Manfaat lain tentunya menyejukkan kawasan pantai dan mejadi lahan wisata baru bagi masyarakat sekitarnya. Selain di pantai ternyata banyak dibudidayakan sebagai bonsai. Demikian semoga bermanfaat.

Pohon Cemara Udang

4 komentar:

  1. Kapan-kapan aku ajak keluarga ke tempat yang sangat indah itu ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Irham Sy'roni : Silakan saja pak, cocok untuk anak-anak dan keluarga

      Hapus
  2. seger banget ya udara kulon progo.... jadi pengen merapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gustyanita Pratiwi : mari mbak merapaat, sejuk semua mbak masih buanyak pohonnya dimana-mana hehe

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.