Jumat, 02 Mei 2014

Market Day

Market Day
Market Day

Update Kisah Kemarin

Kemarin saya cerita tentang ini kalau masih ingat, dan sekedar update saja akhirnya buku itu ketemu hehe. Dan ternyata perkiraan saya gak salah buku itu dibawa kawannya. Ya sudahlah, yang penting sudah kembali. Tetapi lucunya saat itu ketika saya amat sangat menginginkan buku itu kembali justru buku itu entah gak jelas beritanya, justru ketika saya sudah merelakannya dan tidak memikirkannya lagi tiba-tiba saja buku itu "ketemu" begitu saja. 

Market Day

Market Day ini sebuah kegiatan di sekolah anak saya yang masih Sekolah Dasar. Jadi pada hari tertentu yaitu Rabu pada setiap minggunya bergilir dari satu kelas ke kelas lainnya menyediakan makanan kecil untuk dijual. Sebenarnya ini bagus karena melatih anak untuk belajar berjualan atau bertransaksi sesungguhnya. Walaupun pada praktiknya, ya namanya anak - anak pasti hanya sekedar habis dibagi-bagi juga.

Misalnya pada Rabu ini kelas 1A maka besoknya kelas 1B dan seterusnya. Dari seluruh siswa berjualan minimal 20 macam jajanan sehat. Makanan sehat yang disediakan tersebut harganya juga sangat terjangkau tidak boleh melebihi harga yang di tentukan per buahnya. Jajanan sehat inilah yang dimaksudkan oleh gurunya di sekolah agar mengurangi keinginan siswa untuk jajan di luar yang biasanya kurang sehat. Semula banyak penjual makanan di luar sekolah yang berjejer, tetapi kemudian diterapkan bahwa anak yang jajan di luar sekolah maka didenda sepuluh kali lipat dari uang yang dibuat jajan maka perlahan penjual jajanan itu hilang.

Jajanan sehat yang dimaksud semisal jus buah asli yang dibuat orang tuanya, atau makanan kecil lain yang biasanya bukan makanan ringan / snack anak- anak yang dijual di supermarket. Tetapi anehnya anak- anak ini lebih memilih jajanan yang biasa dibeli semacam donat, permen, es buah, jus buah, susu kedelai, dan lainnya. 

Manfaat Market Day Bagi Anak

Adapun manfaatnya antara lain :
  • Melatih anak menyukai jajanan / makanan sehat.
  • Belajar berhitung.
  • Belajar bertransaksi dengan uang yang sesungguhnya.
  • Melatih kepekaan anak mengenali apa yang lebih di sukai atau sebaliknya.
  • Belajar membuat makanan sehat.
  • Belajar menghargai bagaimana orang tua mencari uang.
  • Berlatih memiliki tanggung jawab.
Diharapkan anak tahu bagaimana bertransaksi dengan uang dan tahu bagaimana mendapatkan uang itu tidak mudah, dan tentu saja melatihnya lebih mandiri. Anak juga dilatih memiliki tanggung jawab dengan apa yang di berikan kepadanya. Selain itu anak juga belajar berhitung atau berlatih matematika dengan praktek langsung, apalagi bagi anak - anak yang masih kelas satu.

Demikian semoga bermanfaaat.

9 komentar:

  1. Di skolah ank sy pun ada kegiatn market day. tp hilya slalu gak mau kalo d suruh jual makanan dia pengennya jual aksesoris, spt jepit rambut, pin, dll. haha....

    BalasHapus
  2. Sun : putrinya masih SD juga ya, bagus itu kalau bisa bikin ummi nya, aku gak bakalan bisa soalnya hehe, maksih sudah berkunjung disini :)

    BalasHapus
  3. di paudnya si ncit pun gitu
    kalo sabtu disuruh bawa uang buat jajan jus atau cemilan dengan nama program kewirausahaan. ga tau gimana pelaksanaannya :D

    BalasHapus
  4. Mas Rawins : sama ya mas, beda nama saja, makanya sekali-kali anter Citra n Cipta sekolah biar tahu hehe, bukan ibuke terus, kalau pas keluar dari hutan sih hehehe

    BalasHapus
  5. harusnya disemua tingkatan sekolah ngadain acara bermanfaat ini, untuk mendidik anak untuk berusaha dan menghargai uang..ntar mo usul ke menterinya ah..kang eNuh

    BalasHapus
  6. Cilembu Thea : iya pak asalkan aktifitas yang positif hehe, monggo pak usulkan saya dukung

    BalasHapus
  7. iya bener Mbak, kegunaannya ternyata banyak ya. termasuk abak2 jadi trampil berhitung secara praktek. hehe, keren. patut dicamkan.

    BalasHapus
  8. zachflazz : mungkin kurang lebih begitu pak, kegiatan anak anak di sekolah sekarang kadang bagus bagus juga hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.