Senin, 29 Agustus 2022

Cyclantus Bipartitus

Kapan itu saya lagi nonton video di youtube dan melihat ada satu tanaman yang menarik perhatian saya. Sosoknya tinggi dengan bentuk daun yang unik dan lebar. 

Catatan 20 Juli 22, sudah sekian lama saya melupakan pohon yang saya lihat waktu itu. Nama pohonnya cyclantus bipartitus. Kalau saya suka sesuatu biasanya saya mencari tahu tentangnya dan menyimpan sementara gambar tangkapan layarnya. 


Hingga suatu hari saya mengantar anak ke sekolah dan tidak sengaja mata saya terantuk pada sesosok tanaman yang saya simpan gambarnya itu. Saya melihat pohon itu ditanam di depan rumah seseorang tepat di pinggir jalan. Dalam hati saya berseru senang akhirnya menemukan tanaman yang saya cari itu. Ternyata sosoknya tidak setinggi yang saya lihat di youtube saat itu. 


Catatan 02 Agustus 22, nggak sengaja melihat pohon fiddle leaf fig di halaman rumah orang. Memang pohonnya berbeda jauh dengan daun pohon ketapang biasa. Ketapang biola daunnya lebih subur lebih lebar dan agak bergelombang. Buahnya pun saya lihat (pohonnya kebetulan sedang berbuah dan saya menunggu buahnya nanti tua dan jatuh ke jalan he he) mirip dengan jenis fig atau ara, agak mirip buah tin. Berbentuk bulat berwarna hijau dan menempel di batang percabangannya. Berbeda sekali dengan daun pohon ketapang biasa yang cenderung lebih kecil dan nampak jarang-jarang. Benar dugaan saya kalau pohon ketapang biola ini cukup besar jika dibiarkan hidup di tanah dan di luar ruangan. Oh iya saya lihat di bulan ini daun-daun pohon ketapang berubah berwarna merah sepertinya berguguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun