Senin, 29 Agustus 2022

Belajar Sambung dan Stek Pucuk

Saya itu punya pohon alpukat tetapi enggak tahu jenisnya apa. 

Dulu dikasih buah alpukat besar oleh teman kantor, lalu bijinya iseng aku tanam dan tumbuh. Lucunya dari satu biji alpukat super gede itu (beratnya satu buah itu sekitar 1,5 kiloan) bisa tumbuh 3 tunas. Hampir nggak percaya pas lihat itu, tapi setelah agak besar dan berdaun iya daunnya memang mirip, besar-besar semua. Satu tunas saya cabut karena kecil sendiri dan potnya sangat kecil juga, saya sisakan dua yang besar dan berkembang bagus. Kenapa saya bilang daunnya besar? Karena saya punya jenis alpukat biasa yang daunnya lebih kecil tentunya.
 
Sudah lama juga saya punya pohon alpukat deket pohon lengkuas merah, sampai kalah sama lengkuasnya. Tetapi saya tidak niat memelihara jadi saya potes terus pucuk dan daunnya jadi agak kerdil. Takut aja karena katanya alpukat pohonnya disukai ulat jadi seperti saya kecilkan saja. Anehnya alpukat yang lama itu memang disukai ulat terus dan pohon yang baru ini, sepertinya belum dihinggapi sama ulat sama sekali. Maka saya tiba-tiba merawat dua alpukat yang saya semai belakangan.

Iseng soal sambung pucuk, karena alpukat yang besar itu tunasnya ada 3 saya biarkan saja, niatan buat percobaan sambung pucuk pohon satunya yang alpukat biasa. Dan buat percobaan sambung pucuk alpukat jumbo saya coba dulu satu dahan yang kecil ke pohon alpukat biasa yang kecil juga. Sementara masih belum tahu juga semoga jadi saja.

Bersamaan itu saya tanam stek pucuk jambu dan satu pohon lagi lainnya. Sementara daun jambu sudah seminggu masih hijau, satunya masih hijau juga dalam sungkup masing-masing tetapi karena hujan tiba-tiba kemarin daun satunya berguguran semua tapi batang masih hijau. Saya keluarkan daunnya tadi lalu saya sungkup lagi, semoga hiduplah semuanya. Ini percobaan stek pucuk langsung tanam pertama saya. Stek sambung pucuk lainnya adalah apel putsa kepohon bidara laut. Jadi kapan itu beli apel putsa dua eh satunya mati pohon apel putsanya menyisakan root stock bidara lautnya, ya saya piara dulu saya mau jadikan root stock buat apel putsa dong. Dan kemarin saya coba sambung pucuk dari cabang kecil saja, semoga berhasil ya. Oh iya saya pernah berkali-kali mencoba nanam batang anggur trans dan ninel langsung dan pernah ada yang hidup tetapi tidak bertahan lama. Mau sambung sama anggur isabel lama tetapi pohonnya sudah terlanjur saya cabut dan saya buang semua.

Yap itu dulu sedikit perkembangan berkebun di rumah saya, selamat berkebun dan terima kasih sudah membaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun