Sabtu, 16 Juli 2022

MENCARI LEBAH MADU

Saya kayaknya pernah nulis ya kalau saya merasa kehilangan sesuatu.

Iya, saya merasa sangat kehilangan keberadaan lebah madu di kebun saya. Dulu sewaktu saya menanam pohon timun jepang, bunga kuningnya kan banyak banget tuh, nah saat itu lumayan banyak lebah madu datang ke bunga-bunga itu. 


Tetapi sekarang satu pun saya tidak melihatnya. Saya curiga apakah karena di dapur ada sarang tawon vespa? Tawon vespa ini biasa disebut tawon ndas kalau di kampung saya. Ndas itu bahasa jawa yang artinya kepala, karena tawon ini tuh suka menyerang orang dibagian kepala mungkin makanya disebut tawon ndas. 


Saya ingat dulu di rumah bapak masih ada sarang lebah madu yang terbuat dari batang kelapa yang dilubangi itu.  Di rumah kakek saya lebih banyak lagi sarang lebah madunya, saya biasa melihat kakek saya memanen madu dari sarangnya. Di kaca jendela kamar saya dulu banyak lebah madu kalau pagi dan siang hari, bahkan tersengat lebah madu juga sudah biasa banget. Nah mulai hilangnya lebah madu di rumah itu saya lihat karena koloninya diserang oleh lebah vespa ini. Lebah madunya jadi pada mati dan koloninya pergi pindah entah kemana meninggalkan sarang-sarang yang kosong.


Nah kembali ke masalah lebah madu tadi, saya pikir ya lebah madu ini takut atau memang sudah jarang ada. Karena lebah yang datang itu mirip lebah madu tetapi warnya hijau kebiruan berdengung juga tetapi saya lihat bukan lebah madu, agak lebih besar lagi. Dulu saya kira lebah ini tinggal di kayu atau tanah karena sering bersembunyi di situ. Dia suka dengan madu bunga-bunga juga karena sering terlihat beterbangan di sekitar bunga.

 
Sedangkan lebah satu lagi yang suka datang itu lebah hitam legam guede banget, saya suka ngumpet kalau lihat lebah ini. Serem banget lebahnya semacam kumbang dan gede segede kumbang pohon, warnanya hitam legam, tetapi terbang juga kedekat bunga. Saya enggak tahu dia makan madu atau mencari ulat daun. Apakah lebah madu juga takut dengan keberadan lebah gendut ini ya?


Padahal saya bertanam pohon pacar air yang bunganya tumpuk merah menyala demi menarik lebah madu ini. Saya juga terpaksa menanam pohon bunga telang demi mengundangnya. Bahkan bunga labu yang kuning besar juga tidak membuatnya datang, atau bunga anggrek saya juga ada. Jadi kemana perginya lebah madu di sini ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun