Rabu, 02 Desember 2015

Cara Praktis Membuat Nasi Uduk

Saya sesekali suka ubek di dapur tetapi berulang kali saya sebutkan kalau saya bukan ahli memasak. Resep masakan yang saya pakai juga hasil saya googling di beberapa tempat atau tanya ke kakak saya, kemudian saya praktekkan sendiri. Itulah untungnya punya kakak perempuan yang pinter masak. Ada yang saya tambahkan atau saya kurangi sesuai selera. Termasuk masakan satu ini, nasi uduk. Meski baru pertama membuat nasi uduk, kata yang mencobanya sih lumayan untuk pemula he he.

Nasi yang saya buat ini agar praktis memasaknya dengan rice cooker. Jika hendak menggunakan pengukus biasa juga bisa.

Bahan yang harus disiapkan sebagai berikut:
  • Beras, secukupnya.
  • Santan kelapa atau gunakan santan instan.
  • Daun salam 3 lembar.
  • Serai, 1 batang.
  • Garam secukupnya.
  • Daun pandan, jika suka secukupnya.
  • Bawang goreng sebagai taburan. 
Cara membuatnya mudah saja:
  • Bersihkan beras dan siapkan dalam wadah rice cooker.
  • Tambahkan santan yang telah dicampur air sebanyak seperti memasak nasi biasa, kurangi sedikit agar tidak lembek, setinggi satu setengah sampai dua ruas jari atau menurut jenis beras. Ada jenis beras yang butuh banyak air dan ada yang butuh sedikit air.
  • Masukkan juga daun salam, garam, serai yang telah dimemarkan dan daun pandan jika suka.
  • Masak seperti biasa, kemudian saat setengah matang aduk kembali nasi hingga merata. Tutup kembali hingga nasi benar-benar matang.
  • Setelah matang, nasi siap dihidangkan. Taburi dengan bawang goreng dan sajikan dengan pelengkap.
Demikian semoga bermanfaat sobat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun