Kamis, 02 Desember 2021

AYAM GORENG KRISPI

Ayam goreng, ayam panggang, ayam ungkep, ayam bakar mana yang lebih enak menurutmu? 



Dibandingkan daging sapi yang jauh lebih mahal, daging ayam relatif lebih terjangkau dan gampang sekali  mendapatkannya di pasar, swalayan atau toko khusus daging. Daging ayam dengan segala macam olahannya sangat umum dan mudah kita jumpai dimanapun. Begitu juga dengan olahan ayam yang digoreng tepung.

Sebenarnya saya sendiri jarang membuat olahan ayam goreng tepung di rumah. Saya lebih sering mengolah dengan diungkep lalu digoreng begitu saja. Kalau pengin ayam goreng tepung saya lebih sering jajan ke luar rumah dimana ayam goreng tepung gampang sekali ditemukan. Saking banyaknya sampai setiap 10 meter ada saja tempat makan yang jual ayam goreng begini.

Tetapi kapan itu anak saya pengin dibuatkan ayam goreng tepung, kebetulan pula ada tepung bumbu siap pakai di rumah dan ayam tentunya. Lalu saya melihat-lihat beberapa saluran youtube cara membuat ayam goreng enak. Saya menonton punya chef Willgoz dan Devina Hermawan. Jadi akhirnya saya gabungkan kedua resep mereka.


Daging ayam yang semula dari kulkas sudah saya keluarkan sejak malamnya. Sambil menunggu ayam mencair dari bekunya, sekalian saya rendam air dengan campuran sbb:

  • Tepung bumbu secukupnya
  • Susu bubuk 1 sdt (bisa juga pakai susu cair)
  • Gula pasir ½ sdt
  • Cuka sedikit 
  • Air secukupnya untuk merendam

Untuk campuran tepung keringnya sbb:

  • Tepung ayam goreng siap pakai
  • Tepung terigu dan maizena dengan takaran 1:1 (Jika perlu tambahan tepung)

Pas merendam ayamnya sedikit dikerat-kerat agar nantinya pas digoreng gampang masak sampai ke tulang. Saya memakai bagian paha atas yang dibagi 2 bagian, tetapi bisa juga kalau dipotong-potong lebih kecil maka lebih cepat matangnya. Yang biasa masak ayam dari ayam yang beku pasti tahu kalau tulang ayam kadang masih mengeluarkan darah atau daging ayam bagian dalam kurang matang saat digoreng langsung begini. Makanya saya jarang membuat ayam goreng di rumah, saya lebih memilih mengungkep daging ayam terlebih dahulu baru digoreng. Tetapi sekarang gara-gara tahu resep ini jadi lebih sering bikin ayam goreng he he.

Untuk merendam daging ayamnya bisa satu jam atau lebih lama lagi bahkan dari resep Willgoz malah boleh semalaman merendamnya. Jadi ketika akan digoreng : ayam setelah dari campuran marinasi itu lalu digulingkan di campuran tepung kering, lalu masukkan ke cairan marinasi lagi lalu kembali digulingkan di campuran tepung kering sampai seluruh permukaan terselimuti tepung. Jadi di resepnya cukup sekali, sedangkan saya maunya lebih tebal tepungnya jadi 2x melapisinya. Sesuai resep punya mb Devina saat pertama api besar lalu setelah tepung terbentuk api sedikit dikecilkan. Karena saya takut ayam belum matang dan tepung sudah cokelat maka api saya kecilkan agar daging ayam matang lebih dulu. Nah, tapi saya bingung berapa lamanya? Ikut punya chef Willgoz cukup 5 menit saja, oke saya tunggu 5 menit kemudian saat tepungnya udah kecoklatan saya angkat ayamnya.

Hasilnya: ya ampuuun ini ayam gurih sampai ke dalem-dalem kayak ayam goreng yang beli di luaran gitu. Dagingnya tetep juicy enggak kering tetapi mateng dan tepungnya empuk krispi enggak keras. Tepungnya beneran krispi enggak keras bantat gitu, juarak banget resep mereka. Baru ini loh bikin ayam goreng tepung sebener dan seenak ini, anakku sampe minta dibikinin lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun