Selasa, 28 Desember 2021

PANEN LABU BUTTERNUT

Labu butternut yang kemarin itu sekarang sudah semakin menua. Tetapi saya bingung sebenarnya kalau menurut umur sekitar awal Januari nanti saya petik, kemudian saya coba mencari informasi lagi di youtube mengenai kapan baiknya memetik labu ini. 


Ketika masih di pohonnya

Ini dia labu butternutnya setelah saya petik 


Setelah baca-baca beberapa artikel dan melihat saluran youtube mengenai ciri-ciri labu bisa dipanen saya menemukan satu ciri yang saya pikir sangat mencolok. Ada yang bilang kalau tangkai buahnya sudah berubah warna kekuningan, kemarin saya lihat memang tangkainya mulai menguning sebagian. Karena masih ragu saya cari lagi informasinya yang lebih jelas, ketemu di sebuah saluran youtube kalau cirinya yaitu sulur yang mengering. Nah ini dia pikir saya, saya langsung keluar mengecek ke pohonnya, saya lihat kemarin itu sulur dekat tangkai buah sudah ada kecoklatan. Tapi karena sulurnya bercabang 3 dan baru 1 yang kecoklatan atau mengering maka saya masih menunggu dong sampai semua kering. 

Ini buah labu yang kedua

Dan tadi pagi pas ke kebun lagi saya melihat sulurnya semua sudah kecoklatan atau mengering, tangkai juga sudah kekuningan maka saya petik juga labunya. Dan saat ini buah kedua yang jadi itu sudah lumayan besar fotonya yang hijau di bawah ya. Buah ke dua ini saya kawinkan sekitar tanggal 17 atau 18 Desember ini dan sekarang sudah besar. Kalau buah pertama kira-kira aja ya kemarin beneran menanam sekitar tanggal 15 Oktober bearti belum genap 80 hari sebenarnya, tapi ya saya lupa kapan menanam benihnya he he jadi enggak tahu umur persisnya. Oke selamat berkebun semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun